Sukses

Cek Fakta: Muncul Lagi, Informasi Palsu soal Formasi Kawanan Serigala Saat Berburu di Musim Dingin

Sebuah foto yang diklaim formasi serigala saat berburu di musim dingin beredar di media sosial. Benarkah?

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah foto yang diklaim formasi serigala saat berburu di musim dingin beredar di media sosial. Foto tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 5 Mei 2022.

Foto tersebut menampilkan sekawanan serigala sedang berjalan di salju yang tebal. Kawanan serigala tersebut berjalan dalam satu baris, dengan 3 ekor serigala terlihat memimpin kawanan di depan dan satu ekor serigala terlihat mengawal di belakang.

Salah satu akun Facebook menambahkan deskripsi gambar mengenai kepemimpinan dan kerjasama tim yang menginspirasi dan memotivasi dari gambar kawanan serigala itu.

"Sejatinya seorang Pemimpin itu adalah....

Sebuas-buasnya Serigala masih memikirkan keselamatan kaumnya

3 serigala yang berjalan paling depan adalah yang tua dan sakit, mereka berjalan di depan untuk mengatur kecepatan berjalan kelompoknya karena jika mereka di belakang pasti akan tertinggal.

5 serigala berikutnya adalah yang terkuat dan terbaik, mereka bertugas untuk melindungi sisi depan bila ada serangan.

Para ‘warga’ berada ditengah-tengah, terlindungi dari serangan manapun.

5 serigala di belakangnya adalah yang terkuat dan terbaik, mereka bertugas untuk melindungi sisi belakang bila ada serangan.

1 serigala yang terakhir adalah sang pemimpin. Dia memastikan ‘no one left behind’ dan ‘all keep stay one on pack’. Dia memastikan tidak ada yang tertinggal, dan kelompoknya tetap utuh bersama. Dia selalu siaga untuk berlari ke arah manapun untuk memerintahkan ‘protect and serve’ kepada para ‘bodyguard’ kelompoknya.

Satu hal yang dapat kita pelajari di sini, menjadi seorang pemimpin bukanlah tentang berada di baris terdepan. Ini tentang bagaimana menjaga suatu kelompok agar selalu bisa bersama utk memajukan bukan memecah belahkan.

*sebuas-buasnya Serigala masih memikirkan keselamatan kaumnya," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 194 kali dibagikan dan mendapat 11 komentar warganet.

Benarkah dalam foto itu 3 serigala yang berjalan paling depan adalah yang tua dan sakit dan mereka mengatur kecepatan berjalan kelompoknya saat berburu di musim dingin? Berikut penelusurannya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri foto yang diklaim formasi serigala saat berburu di musim dingin. Penelusuran dilakukan dengan mengunggah foto tersebut ke situs Google Images.

Hasilnya terdapat beberapa artikel yang memuat foto serupa. Satu di antaranya artikel berjudul "BBC Frozen Planet – in pictures" yang dimuat situs theguardian.com pada 19 Oktober 2011 lalu.

Foto kawanan serigala yang tengah berjalan itu merupakan karya dari fotografer Chadden Hunter. Deskripsi dari foto tersebut menyebut bahwa kawanan itu terdiri dari 25 ekor serigala. Para serigala itu sedang berburu seekor bison di Taman Nasional Wood Buffalo, Kanada.

Disebutkan juga bahwa kawanan itu dipimpin oleh seekor "alpha female" dan jejaknya diikuti oleh serigala lainnya dalam satu baris untuk menghemat energi.

Kawanan serigala dan hewan lainnya kerap berjalan bersama dalam satu baris, terutama saat mereka harus melewati medan berat seperti lapisan salju yang tebal. Hal ini menjadi tradisi yang dilakukan untuk memudahkan perjalanan mereka.

Serigala terdepan harus menyiapkan jalan bagi kawanan di belakangnya dengan meratakan lapisan salju yang tebal. Perjalanan kawanan di belakangnya pun dipermudah dengan adanya jejak yang dibuat oleh serigala terdepan tersebut.

Untuk membuat jejak tersebut, serigala yang memimpin di depan haruslah serigala yang kuat. Karena serigala merupakan hewan monogami, tugas pemimpin ini biasanya dilakukan oleh ayah atau ibu serigala. Bisa juga dilakukan oleh anak serigala yang dirasa sudah cukup kuat.

 

Referensi:

https://www.theguardian.com/environment/gallery/2011/oct/19/bbc-frozen-planet-in-pictures

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Foto serigala sedang berburu itu merupakan di Taman Nasional Wood Buffalo. Hanya saja, narasi dalam foto itu tidak benar. 

Kawanan serigala tidak dipimpin oleh tiga serigala paling tua dan lemah, ataupun dikawal dari belakang oleh serigala pemimpin. Tetapi, serigala yang paling kuatlah yang umumnya memimpin kawanan dengan berjalan di depan untuk menyediakan jejak bagi serigala lainnya.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.