Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar PLN Bagikan Subsidi Listrik Sebesar Rp 5 Juta Lewat Tautan Ini

Penelusuran informasi PLN bagikan subsidi listrik sebesar Rp 5 juta

Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com mendapati informasi PLN bagikan subsidi listrik sebesar Rp 5 juta, kabar tersebut beredar lewat aplikasi percakapan WhatsApp.

Informasi PLN bagikan subsidi listrik sebesar Rp 5 juta berupa tautan sebagai berikut.

"tertiaryparasite.top/pln-76th/tb.php?gjbymmab1651271074345"

Jika tautan tersebut diklik maka muncul halaman situs yang terdapat tulisan sebagai berikut

"Congratulations!

PLN Government Electricity Subsidy!

Through the questionnaire, you will have a chance to get 5000000 Rupiah."

Benarkah informasi PLN bagikan subsidi listrik sebesar Rp 5 juta? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

**Pantau arus mudik dan balik Lebaran 2022 melalui CCTV Kemenhub dari berbagai titik secara realtime di tautan ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri informasi PLN bagikan subsidi listrik sebesar Rp 5 juta dengan menghubungi pihak PLN.

Executive Vice President Komunikasi Korporat dan CSR PLN Diah Ayu Permatasari mengatakan, beredar sebuah informasi disertai link dengan narasi bahwa PLN bagikan subsidi listrik sebesar lima juta menyertakan sebuah tautan yang diklaim sebagai cara untuk mendapatkan subsidi tersebut. 

Faktanya, informasi beserta tautan pada informasi tersebut adalah tidak benar, dan bukan merupakan broadcast resmi dari PT. PLN (Persero).

PLN mengimbau pelanggan untuk berhati-hati terhadap informasi terkait cara memperoleh subsidi listrik, sebab mengarah pada modus penipuan.

"Seluruh informasi terkait subsidi listrik dan promo PLN dapat dilihat melalui aplikasi PLN Mobile," kata Diyah saat berbincang dengan Liputan6.com.

 

Sebelumnya, dalam artikel berjudul "PLN: Waspada Hoaks Penipuan Pendaftaran Subsidi Listrik" yang dimuat situs liputan6.com  PLN mengimbau pelanggan untuk berhati-hati terhadap informasi terkait cara memperoleh stimulus listrik dan juga subsidi listrik, sebab mengarah pada modus penipuan.

Agung Murdifi saat masih menjabat sebagai Executive Vice President Komunikasi Korporat dan CSR mengatakan, PLN memastikan pendaftaran subsidi listrik bagi pelanggan rumah tangga daya 450 Volt Ampere (VA) dan 900 VA melalui situs web https://tokenpln.shop/index.php?app=PLN&data1ID=135 hoaks.

“Pelanggan harus berhati-hati terhadap situs-situs web penipuan-penipuan terkait subsidi dan stimulus. Seluruh informasi terkait subsidi dan stimulus dapat dilihat melalui aplikasi PLN Mobile atau melalui Contact Center PLN 123,” kata Agung.

Dalam situs remsi Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) esdm.go.id menyebutkan, stimulus program ketenagalistrikan diberikan berupa diskon antara 25 persen sampai 50 persen.

 

Sumber:

https://www.esdm.go.id/id/media-center/arsip-berita/pemerintah-perpanjang-stimulus-program-ketenagalistrikan-hingga-desember-2021

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com informasi PLN bagikan subsidi listrik sebesar Rp 5 juta tidak benar.

Pemerintah memberikan  stimulus program ketenagalistrikan diberikan berupa diskon tagihan antara 25 persen sampai 50 persen bukan nominal uang.

 

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.