Sukses

Jurnalis dari Sejumlah Negara Sepakat Berantas Hoaks Pandemi COVID-19

Jurnalis dianggap memainkan peran penting selama dekade terakhir. Termasuk memberantas hoaks dan berita palsu tentang COVID-19.

Liputan6.com, Jakarta - Sekitar 100 jurnalis dari 60 negara berkumpul di Seoul, Korea Selatan sejak Senin 25 April 2022 untuk mengikuti Konferensi Jurnalis Dunia 2022.

Acara yang diselenggarakan Asosiasi Jurnalis Korea (JAK) itu membahas berbagai masalah terkait perkembangan media hingga pencegahan informasi palsu atau hoaks terkait pandemi COVID-19.

"Kita mungkin memiliki perbedaan di negara asal, jenis kelamin, etnis dan ideologi, tetapi kita semua memiliki satu kesamaan. Kita semua bekerja keras untuk kebebasan dan perdamaian dengan menyebarkan kebenaran dengan kepala dingin tetapi hati yang hangat," Presiden JAK, Dong-hoon dikutip dari koreatimes.co.kr, Rabu (27/4/2022).

Perdana Menteri Korsel, Kim Boo-kyum juga turut memberikan sambutannya dalam acara ini. Ia mengatakan, jurnalis memainkan peran penting selama dekade terakhir. Termasuk memberantas hoaks dan berita palsu.

"Khususnya, selama dua tahun terakhir, di bawah krisis COVID-19, jurnalis telah memainkan peran penting dalam melindungi kehidupan masyarakat dengan berbagi berita tentang kebijakan karantina dan pengalaman pandemi masing-masing negara. Saya berharap semua peserta konferensi hari ini akan membuka jalan bagi cara untuk menciptakan 'komunitas yang sehat' dengan berbagi ilmu dengan semangat solidaritas dan kerjasama," tutur Kim Boo-kyum.

Para peserta membahas keseriusan berita palsu yang memburuk di tengah pandemi, dan berbagi praktik efektif untuk memberantas informasi yang salah, serta kebijakan untuk membangun kepercayaan pada media melalui upaya pengaturan mandiri.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.