Sukses

Waspada Hoaks Pembagian Hadiah saat Ramadan, Simak Daftarnya

Berikut kumpulan hoaks pembagian hadiah saat Ramadan

Liputan6.com, Jakarta- Hoaks pembagian hadiah semakin marak beredar di tengah Ramadan dan menjelang Idul Fitri, informasi palsu tersebut menawarkan uang hingga barang berharga.

Untuk meyakinkan penerima informasi hoaks pembagian hadiah biasanya disajikan dengan mencatut nama perusahaan besar, salah satunya Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Hoaks tersebut pun merupakan salah satu motif penipuan, sebab itu kita harus jeli membedakan informasi benar dan palsu agar tidak menjadi korban hoaks.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah menelusuri sejumlah informasi pembagian hadiah hasilnya sebagian terbukti hoaks.

Berikut kumpulan hoaks pembagian hadiah saat Ramadan.

1. Pos Indonesia Bagikan Uang Rp 3 Juta

 Cek Fakta Liputan6.com mendapati informasi PT Pos Indonesia bagikan uang sebesar Rp 3 juta dengan mengisi kuesioner. Informasi tersebut beredar lewat aplikasi percakapan WhatsApp.

Informasi PT Pos Indonesia bagikan uang sebesar Rp 3 juta dengan mengisi kuesioner berupa tautan sebagai berikut.

"http://egoitinflict.top/posindonesia-qf/tb.php?uiqilpvl1650814009124"

Kemudian jika tautan tersebut di klik maka muncul halaman situs yang terdapat lambang PT Pos Indonesia, dengan narasi sebagai berikut.

"🎉Pos Indonesia app promotion rewards!🎊

Congratulations!

Pos Indonesia app promotion rewards!

Through the questionnaire, you will have a chance to get 3000000 Rupiah ."

Benarkan informasi PT Pos Indonesia bagikan uang sebesar Rp 3 juta dengan mengisi kuesioner? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hoaks Pembagian Uang dari Garuda Indonesia dan BRI

2. Garuda Indonesia Bagikan Uang Rp 2 Juta

Cek Fakta Liputan6.com mendapati informasi maskapai Garuda Indonesia bagikan uang Rp 2 juta. Informasi tersebut beredar lewat aplikasi percakapan WhatsApp.

Informasi Garuda Indonesia bagikan uang Rp 2 juta berupa tauan yang mengarah pada sebuah halaman situs yang terdapat logo Garuda Indonesia.

Dalam halaman tersebut terdapat tulisan yang memberi instruksi membagikan informasi tersebut ke 5 grup WhatsApp atau 20 teman di WhatsApp untuk mendapatkan hadiah uang Rp 2 juta rupiah.

Benarkah informasi maskapai Garuda Indonesia bagikan uang Rp 2 juta? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini.

 

3. Pembagian Uang Rp 3 Juta dalam Rangka Ulang Tahun BRI ke-130

 Cek Fakta Liputan6.com mendapati informasi pembagian uang Rp 3 juta dalam rangka ulang tahun BRI ke-130. Kabar tersebut beredar lewat aplikasi percakapan WhatsApp.

Informasi pembagian uang Rp 3 juta dalam rangka ulang tahun BRI ke-130 dibagikan berupa tautan berikut.

"http://frustratesacred.top/bbbrisyws/tb.php?klxcctrz1649561853462"

Jika di klik tautan tersebut mengarah pada halaman situs internet yang terdapat tulisan sebagai berikut.

"Congratulations!Bank Rakyat Indonesia 130th Anniversary!

Through the questionnaire, you will have a chance to get 3000000 Rupiah ."

Benarkah informasi pembagian uang Rp 3 juta dalam rangka ulang tahun BRI ke-130? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com di sini.

 

3 dari 4 halaman

Hoaks Pembagian Uang dari Super Indo dan BRI

4. Super Indo Bagikan Uang Rp 3 Juta untuk Rayakan Ulang Tahun ke-25

Cek Fakta Liputan6.com mendapat informasi Super Indo membagikan uang Rp 3 juta untuk merayakan ulang tahun ke-25.

Informasi Super Indo membagikan uang Rp 3 juta untuk merayakan ulang tahun ke-25 berupa tautan yang mengarah pada halaman situs. Pada halaman tersebut terdapat tulisan sebagai berikut.

"Congratulations!

Super Indo Supermarket 25st Anniversary Limited Time Event!

Through the questionnaire, you will have a chance to get 3000000 Rupiah,"

Benarkah informasi Super Indo membagikan uang Rp 3 juta untuk merayakan ulang tahun ke-25? Simak hasil penelusurannya di sini.

 

5. PT Kimia Farma Bagikan Smartphone Dengan Cara Isi Kuesioner

Beredar di media sosial dan aplikasi percakapan informasi PT Kimia Farma membagikan hadiah smartphone dengan cara mengisi kuesioner. Postingan itu ramai dibagikan sejak akhir pekan ini.

Dalam pesan berantai yang beredar terdapat narasi sebagai berikut:

"Kimia Farma bagi bagi hadiah,

http://stuffherb.top/kimiafarmaphone/tb.php?euanundk1649383177989"

Pesan berantai itu mengarah pada link dengan alamat "https://juiceremove.top/SzaTGaY8/kimiafarmaphone/?_t=1649421610920#1649421612769"

Lalu benarkah pesan berantai yang menyebut PT Kimia Farma sedang membagikan hadiah smartphone dengan cara mengisi kuesioner? Simak hasil penelusurannya di sini.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.