Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Kemacetan Jalan Tol dalam Video Ini saat Mudik dari Jakarta ke Jateng

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video kemacetan di tol saat mudik dari Jakarta ke arah Jateng

Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video kemacetan di jalan tol saat mudik dari Jakarta ke arah Jawa Tengah. Informasi tersebut beredar lewat aplikasi percakapan WhatsApp.

Klaim video kemacetan di tol saat mudik dari Jakarta ke arah Jateng menampilkan lampu sejumlah kendaraan yang sedang mengalami kemacetan di jalan.

Video tersebit diberi keterangan sebagai berikut.

"-+23 juta mobil mudik darat Seru2an Nikmati macet mudik after 2 covid..

Tadi Malam Tol dari arah Jkt ke Jateng, macet puooolll.....,

mudik awal wis kena macet just ENJOY😍"

Benarkah klaim video kemacetan di jalan tol saat mudik dari Jakarta ke arah Jateng? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video kemacetan di jalan tol saat mudik dari Jakarta ke arah Jateng, dalam artikel berjudul "Viral Video Arus Mudik Tol Padat, Jasa Marga: Itu Rekaman Sebelum Bulan Puasa" yang dimuat situs liputan6.com, pada 24 Maret 2022.

Artikel situs liputan6.com menyebutkan, viral di media sosial mengenai kondisi ruas jalan tol padat kendaraan dan disebut sebagai arus mudik Lebaran pada Sabtu 23 April 2022. Pihak Jasa Marga pun menyatakan, kondisi tersebut merupakan peristiwa pada Maret 2022.

"Terkait dengan video yang beredar luas hari ini dan dipersepsikan sebagai kepadatan lalu lintas jalan tol pada akhir pekan ini jelang musim mudik lebaran 2022, kami sampaikan bahwa video tersebut diambil di Jalan Tol Jagorawi KM 34 arah Jakarta pada 27 Maret 2022 atau sebelum bulan puasa," tutur Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga, Dwimawan Heru Santoso dalam keterangannya, Minggu (24/4/2022).

Menurut Heru, saat itu terjadi kepadatan lalu lintas arah Jakarta yang merupakan imbas dari lalu lintas one way dari wilayah Puncak menuju ke arah Jakarta. Hal itu pun berdampak pada sejumlah jalan tol yang terintegrasi dengan Jalan Tol Jagorawi.

"Di antaranya Jalan Tol JORR yang terintegrasi dengan Jalan Tol Jakarta-Cikampek," jelas dia.

Kondisi tersebut pun membuat polisi bergerak melakukan rekayasa lalu lintas. Bersama pihak terkait lainnya, pengendara diminta mengikuti instruksi contra flow demi mengurai kemacetan.

"Untuk mencairkan kepadatan tersebut, berdasarkan diskresi kepolisian, saat itu Jasa Marga memberlakukan contra flow di Jalan Tol Jagorawi mulai dari KM 17 sampai dengan KM 8 atau Cimanggis sampai dengan Pasar Rebo," Heru menandaskan.

Dalam artikel berjudul "Jasa Marga: Video Viral Macet Panjang itu di Tol Jagorawi, Kejadian Sebelum Ramadan" yang dimuat situs merdeka.com, pada 24 April 2022 terdapat foto yang identik dengan klaim video.

<p>Penelusuran klaim video kemacetan di tol saat mudik dari Jakarta ke arah Jawa Tengah</p>

Dalam artikel situs merdeka.com,  Corporate Communication and Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Dwimawan Heru Santoso mengatakan, kejadian tersebut terjadi pada Maret 2022.

"Kami sampaikan bahwa video tersebut diambil di Jalan Tol Jagorawi Km 34 arah Jakarta, pada 27 Maret 2022 (sebelum bulan puasa)," sambungnya.

 

Sumber:

 

https://www.merdeka.com/peristiwa/jasa-marga-video-viral-macet-panjang-itu-di-tol-jagorawi-kejadian-sebelum-ramadan.html

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video kemacetan di jalan tol saat mudik dari Jakarta ke arah Jateng tidak benar.

Video tersebut diambil di Jalan Tol Jagorawi KM 34 arah Jakarta pada 27 Maret 2022 atau sebelum bulan puasa.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.