Sukses

Cek Fakta: Hoaks Informasi Garuda Indonesia Bagikan Uang Rp 2 Juta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri informasi Garuda Indonesia bagikan uang Rp 2 juta

Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com mendapati informasi maskapai Garuda Indonesia bagikan uang Rp 2 juta. Informasi tersebut beredar lewat aplikasi percakapan WhatsApp.

Informasi Garuda Indonesia bagikan uang Rp 2 juta berupa tauan yang mengarah pada sebuah halaman situs yang terdapat logo Garuda Indonesia.

Dalam halaman tersebut terdapat tulisan yang memberi instruksi membagikan informasi tersebut ke 5 grup WhatsApp atau 20 teman di WhatsApp untuk mendapatkan hadiah uang Rp 2 juta rupiah.

Berikut tampilan halaman tersebut.

 

<p>Cek Fakta Liputan6.com menelusuri informasi Garuda Indonesia bagikan uang Rp 2 juta</p>

 

 Benarkah informasi maskapai Garuda Indonesia bagikan uang Rp 2 juta? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri informasi Garuda Indonesia bagikan uang Rp 2 juta, sebelumnya menghubungi Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra.

Irfan membagikan pengumuman yang didalamnya terdapat tangkapan layar situs yang identik dengan klaim. Kemudian tangkapan layar tersebut dibubuhi tulisan "HOAX"

 

<p>Cek Fakta Liputan6.com menelusuri informasi Garuda Indonesia bagikan uang Rp 2 juta </p> Dalam Pengumuman tersebut terdapat tulisan sebagai berikut.

"Terkait beredarnya informasi mengenai koesioner dan promosi sejenis yang mengatasnamakan Garuda Indonesia, kami mengimbau kepada seluruh pengguna jasa untuk memastikan kebenaran informasi tersebut melalui laman dan sosial media resmi Garuda Indonesia. Garuda Indonesia tidak pernah mengeluarkan informasi berupa koesioner dan promosi sejenis seperti yang tertera pada gambar dimaksud."

Irfan pun menyatakan informasi maskapai Garuda Indonesia bagikan uang adalah hoaks.

"Hoaks," kata Irfan saat berbincang dengan Liputan6.com.

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, informasi Garuda Indonesia bagikan uang Rp 2 juta hoaks.

Garuda Indonesia tidak pernah mengeluarkan informasi berupa koesioner dan promosi sejenis.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.