Sukses

Ragam Hoaks Seputar Wapres RI Ma'ruf Amin, Simak Faktanya

Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin menjadi salah satu tokoh yang kerap dijadikan bahan hoaks.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin menjadi salah satu tokoh yang kerap dijadikan bahan hoaks. Hoaks ini beredar melalui media sosial maupun aplikasi percakapan.

Lalu apa saja hoaks terkait Ma'ruf Amin? Berikut beberapa di antaranya:

1. Cek Fakta: Hoaks Judul Artikel Merdeka.Com "Ma'ruf Amin : Ekonomi Meroket Jika Presiden Jokowi 3 Periode"

Beredar di media sosial postingan berita dari Merdeka.com berjudul "Ma'ruf Amin : Ekonomi meroket jika Presiden Jokowi 3 periode". Postingan itu banyak dibagikan sejak awal pekan ini.

Salah satu akun ada yang mempostingnya di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 21 Maret 2022.

Dalam postingannya terdapat potongan berita dari Merdeka.com berjudul "Ma'ruf Amin : Ekonomi meroket jika Presiden Jokowi 3 periode".

Postingan tersebut dilengkapi dengan foto Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan logo Merdeka.com di bagian atas foto.

Lalu benarkah postingan yang mengklaim berita dari Merdeka.com berjudul "Ma'ruf Amin : Ekonomi meroket jika Presiden Jokowi 3 periode"? Simak dalam artikel berikut ini...

2. Cek Fakta: Tidak Benar dalam Foto Ini Uya Kuya Merangkul Ma'ruf Amin

Beredar informasi di platform sosial Facebook terkait unggahan foto Wakil presiden Ma'ruf Amin yang bersama artis Uya Kuya.

Dalam foto tersebut, menggambarkan Uya Kuya tengah merangkul Ma'ruf Amin dan seolah-olah sedang menghipnotisnya. Foto tersebut terdapat narasi sebagai berikut.

“Ayo Jujur, Selama Jadi Wapres, sudah ngapain apa aja…?”

Foto Uya Kuya dan Ma'ruf Amin disebarkan oleh salah satu akun Facebook pada 4 September 2021. Hingga kini, foto tersebut telah 77 kali direspons dan mendapat 30 komentar warganet.

Benarkah dalam foto tersebut Uya Kuya tengah merangkul Ma'ruf Amin? Simak dalam artikel berikut ini...

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

3. Cek Fakta: Hoaks Artikel Berita Berjudul "Ma'ruf Amin: Kalau Jokowi Terpilih Lagi 3 Periode Ibu-Ibu Cukup Bayar Pakai Kartu"

Beredar di media sosial postingan artikel berita berjudul "Ma'ruf amin: kalau jokowi terpilih lagi 3 periode ibu-ibu cukup bayar pakai kartu". Postingan itu beredar sejak beberapa waktu lalu.

Salah satu akun ada yang mempostingnya di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 8 April 2022.

Dalam postingannya terdapat cuplikan artikel berita berjudul "Ma'ruf amin: kalau jokowi terpilih lagi 3 periode ibu-ibu cukup bayar pakai kartu".

Akun itu menambahkan narasi: "Ni Mbah, kaget kali ya tua nya di istana kodok, apa2 pake kartu gaple (doyan maen kartu yah)"

Lalu benarkah postingan artikel berita berjudul "Ma'ruf amin: kalau jokowi terpilih lagi 3 periode ibu-ibu cukup bayar pakai kartu"? Simak dalam artikel berikut ini...

3 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.