Sukses

Deretan Hoaks Seputar Mahfud MD, Simak Faktanya

Sejumlah pejabat negara kerap dicatut namanya untuk dijadikan bahan hoaks tak terkecuali Mahfud MD. Hoaks ini menyebar melalui media sosial maupun aplikasi percakapan.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah pejabat negara kerap dicatut namanya untuk dijadikan bahan hoaks tak terkecuali Mahfud MD. Hoaks ini menyebar melalui media sosial maupun aplikasi percakapan.

Lalu apa saja hoaks terkait Mahfud MD? Berikut beberapa di antaranya:

1. Cek Fakta: Hoaks Kabar Jokowi Pecat Menko Polhukam Mahfud MD pada 22 November 2020

Kabar tentang Presiden Jokowi memecat Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Polhukam) Mahfud MD beredar di media sosial. Kabar ini disebarkan akun Facebook Puri A Wahid pada 22 November 2020.

Akun Facebook Puri A Wahid mengunggah gambar berisi Jokowi yang tengah berpidato dan Mahfud MD yang duduk di kursi.

Terdapat juga narasi dalam gambar tersebut. Berikut isinya:

"PECAT BAHIB MAHFUD MD

JOKOWI TAK RUGI PECAT HABIB MAHFUD MD, SEPERTI INI AKHIRNYA YANG TERJADI DI ISTANA

"BERITA TERBARU HARI INI ~ JOKOWI COPOT MAHFUD MD

Wow😱," tulis akun Facebook Puri A Wahid.

Konten yang disebarkan akun Facebook Puri A Wahid telah 1 kali dibagikan oleh warganet. Lalu benarkah postingan tersebut? Simak dalam artikel berikut ini...

2. Cek Fakta: Tidak Benar Foto Mahfud MD Berambut Merah, Simak Faktanya

Cek Fakta Liputan6.com. mendapati klaim foto Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD berambut merah.

Foto Mahfud Md berambut merah diunggah akun Facebook Wensda Febraldy, pada 10 November 2020.

Foto yang diunggah menampilkan seorang berwajah Mahfud Md dengan rambut panjang lusur berwarna merah, mengenakan kaous hitam dan penutup kepala.

Unggahan foto tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Dasar netijen.+62..

Please welcome Duff mcfudd

Pada bass...😆😆"

Benarkah foto Mahfud Md berambut merah? Simak dalam artikel berikut ini...

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hoaks Lainnya

3. Cek Fakta: Hoaks Judul Artikel Merdeka.com "Mahfud MD: Jokowi Bapak Pahlawan Bangsa Melebihi Jenderal Sudirman"

Beredar di media sosial postingan artikel Merdeka.com berjudul "Mahfud MD: Jokowi bapak pahlawan bangsa melebihi Jenderal Sudirman". Postingan itu beredar sejak awal pekan ini.

Salah satu akun ada yang mempostingnya di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 17 April 2022.

Dalam postingannya terdapat cuplikan layar artikel Merdeka.com berjudul "Mahfud MD: Jokowi bapak pahlawan bangsa melebihi Jenderal Sudirman"

Akun itu juga menambahkan narasi: "Jilat Terus Tuh"

Lalu benarkah postingan artikel Merdeka.com berjudul "Mahfud MD: Jokowi bapak pahlawan bangsa melebihi Jenderal Sudirman"? Simak dalam artikel berikut ini...

3 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.