Sukses

Simak Hoaks Terkini Pembagian Hadiah dari Perusahaan BUMN

Simak kumpulan hoaks seputar pembagian hadiah dari perusahaaan BUMN.

Liputan6.com, Jakarta - Informasi seputar pembagian hadiah masih beredar di tengah masyarakat, salah satunya mengklaim dari perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Klaim pembagian hadiah berasal dari perusahaan BUMN tersebut tentu menggiurkan, namun tidak semua informasi tersebut benar sebab itu kita harus wasapada agar tidak menjadi korban hoaks.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah menelusuri sejumlah informasi seputar pembagian hadiah terkini, hasilnya sebagian terbukti hoaks.

Simak kumpulan hoaks seputar pembagian hadiah dari perusahaaan BUMN.

1. Garuda Indonesia Bagikan Uang Rp 5 Juta untuk Memperingati Penerbangan ke-73 Tahun

Cek Fakta Liputan6.com mendapati informasi maskapai Garuda Indonesia bagikan uang Rp 5 juta untuk memperingati penerbangannya yang ke 73 tahun. Informasi tersebut beredar lewat aplikasi percakapan WhatsApp.

Informasi maskapai Garuda Indonesia bagikan uang Rp 5 juta untuk memperingati penerbangannya yang ke 73 tahun berupa tautan sebagai berikut.

"http://flarecynicism.top/Garudaindonesia/tb.php?ndopvtpp1649918664176"

Jika tautan tersebut di-klik maka akan memasuki halaman situs dengan tampilan tulisan sebagai berikut.

"Congratulations!

Garuda Indonesia 73rd Anniversary of Flight!

Through the questionnaire, you will have a chance to get 5000000 Rupiah ."

Benarkah informasi maskapai Garuda Indonesia bagikan uang Rp 5 juta untuk memperingati penerbangannya yang ke 73 tahun? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com di sini.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berikutnya

2. Pembagian Uang Rp 3 Juta dalam Rangka Ulang Tahun BRI ke-130

 Cek Fakta Liputan6.com mendapati informasi pembagian uang Rp 3 juta dalam rangka ulang tahun BRI ke-130. Kabar tersebut beredar lewat aplikasi percakapan WhatsApp.

Informasi pembagian uang Rp 3 juta dalam rangka ulang tahun BRI ke-130 dibagikan berupa tautan berikut.

"http://frustratesacred.top/bbbrisyws/tb.php?klxcctrz1649561853462"

Jika di klik tautan tersebut mengarah pada halaman situs internet yang terdapat tulisan sebagai berikut.

"Congratulations!Bank Rakyat Indonesia 130th Anniversary!

Through the questionnaire, you will have a chance to get 3000000 Rupiah ."

Benarkah informasi pembagian uang Rp 3 juta dalam rangka ulang tahun BRI ke-130? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com di sini.

 

3. PT Kimia Farma Bagikan Smartphone Dengan Cara Isi Kuesioner

Beredar di media sosial dan aplikasi percakapan informasi PT Kimia Farma membagikan hadiah smartphone dengan cara mengisi kuesioner. Postingan itu ramai dibagikan sejak akhir pekan ini.

Dalam pesan berantai yang beredar terdapat narasi sebagai berikut:

"Kimia Farma bagi bagi hadiah,

http://stuffherb.top/kimiafarmaphone/tb.php?euanundk1649383177989"

Pesan berantai itu mengarah pada link dengan alamat "https://juiceremove.top/SzaTGaY8/kimiafarmaphone/?_t=1649421610920#1649421612769"

Lalu benarkah pesan berantai yang menyebut PT Kimia Farma sedang membagikan hadiah smartphone dengan cara mengisi kuesioner? Simak hasil penelusurannya di sini.

3 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.