Sukses

Gubernur Jambi Ajak Pers Tangkal Hoaks di Tengah Masyarakat

Pers merupakan salah satu pilar dalam demokrasi dan berperan penting menangkal hoaks yang beredar di tengah masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Jambi, Al Haris menyatakan, pemerintah dan insan pers harus saling bekerja sama dalam menangkal hoaks agar masyarakat tidak mendapatkan informasi salah yang dapat menyebabkan perpecahan.

"Pemerintah dan pers harus bekerja sama untuk menangkal dan memerangi hoaks, agar masyarakat dan publik tidak memperoleh berita bohong, melainkan berita benar yang dapat mempengaruhi persepsi, respon dan reaksi masyarakat," kata Al Haris dilansir dari Antara, Rabu (13/4/2022).

Dia menjelaskan, pers merupakan salah satu pilar dalam demokrasi dan berperan penting sebagai penyambung komunikasi antara pemerintah dan masyarakat.

"Dengan demikian diharapkan dapat menimbulkan situasi yang kondusif dan konstruktif dalam pelaksanaan pembangunan," ucap Al Haris.

Selain itu, Al Haris juga menyebut pers sebagai lampu pembangunan bagi Pemerintah Daerah melalui keterbukaan informasi publik yang dibangun bersama.

Dalam rangka meningkatkan sinergi tersebut, Pemerintah Provinsi Jambi melalui Dinas Komunikasi dan Informatika melaksanakan rapat koordinasi informasi publik tahun 2022 bersama insan pers.

"Rakor dilaksanakan selain menjadi ajang silaturahmi, juga menjadi upaya untuk membangun dan terus memperkuat kemitraan Pemerintah Daerah dengan pers untuk meningkatkan pelayanan informasi publik yang konstruktif kepada masyarakat," tambah Al Haris.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.