Video Hoaks Sepekan: Vladimir Putin Marah Kapal Pertamina Dijarah Denmark hingga Kakek Berusia 400 Tahun

Oleh Hanz Jimenez Salim pada 11 Apr 2022, 17:00 WIB
Diperbarui 11 Apr 2022, 17:00 WIB
ilustrasi Hoax
Perbesar
ilustrasi Hoax{Liputan6.com/Abdillah)

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah kabar hoaks masih beredar di media sosial selama sepekan terakhir. Beberapa di antaranya menyebar dalam bentuk video.

Satu di antaranya video tentang Presiden Rusia, Vladimir Putin marah karena kapal Pertamina dijarah oleh Denmark. Video tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 5 April 2022.

Video berdurasi 29 detik itu memperlihatkan sebuah kapal berlogo Pertamina yang berada di lautan. Cuplikan kemudian berganti dengan rekaman Vladimir Putin yang tengah memberikan keterangan pers.

Video tersebut kemudian dikaitkan dengan klaim kemarahan Putin saat mengetahui kapal Pertamina dijarah oleh Denmark.

"Akhirnya Putin Mendengar Berita kapal Pertamina Indonesia Di Jarah oleh Denmark

Mengapa engkau beranji jarah kapal Adikku Pertamina Indonesia Kau cari masalah dengan ku," demikian narasi dalam video tersebut.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 728 kali dibagikan dan mendapat 1.800 komentar dari warganet.

Namun setelah ditelusuri, video yang diklaim Presiden Rusia Vladimir Putin marah karena kapal Pertamina dijarah oleh Denmark ternyata tidak benar. Faktanya, cuplikan Vladimir Putin dalam video viral tersebut tidak ada kaitannya dengan insiden kapal Pertamina.

Selain itu, kapal Pertamina juga tidak dijarah oleh Denmark, melainkan dihadang oleh sejumlah aktivis dari Greenpeace di lepas pantai Denmark pada 31 Maret 2022 lalu.

Selain video yang diklaim Presiden Rusia Vladimir Putin marah karena kapal Pertamina dijarah oleh Denmark, terdapat video hoaks lainnya yang telah ditelusuri selama sepekan. Berikut rangkumannya.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 


Video Seorang Kakek Berusia 400 Tahun

Gambar Tangkapan Layar Video yang Diklaim Seorang Kakek Berusia 400 Tahun (sumber: Facebook).
Perbesar
Gambar Tangkapan Layar Video yang Diklaim Seorang Kakek Berusia 400 Tahun (sumber: Facebook).

Sebuah video yang diklaim seorang kakek berusia 400 tahun beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 4 April 2022.

Video berdurasi 37 detik itu memperlihatkan seorang kakek tengah berbaring di ranjang. Dia juga tampak berbincang dengan seorang bocah. Kakek dalam video tersebut kemudian diklaim berusia 400 tahun.

"Katanya sih hampir 400 tahun .tapi nggak tau juga sih bener apa enggak nya 😮😮

#…," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 8 kali dibagikan dan mendapat 54 komentar warganet.

Setelah ditelusuri, video yang diklaim seorang kakek berusia 400 tahun ternyata tidak benar. Faktanya, kakek dalam video itu merupakan biksu asal Thailand bernama Luang Pho Yai, atau Luang Ta.

Biksu itu dilaporkan berusia 109 tahun. Luang dilaporkan lahir pada 12 Agustus 1913, dan akan berusia 109 tahun pada Agustus 2022.

Baca selengkapnya di tautan berikut ini.


Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya