Sukses

Cek Fakta: Muncul Lagi Klaim Palsu Daun Kemangi Bisa Sembuhkan Gatal pada Kulit

Beredar klaim tentang daun kemangi bisa menyembuhkan gatal-gatal pada kulit. Benarkah?

Liputan6.com, Jakarta - Klaim tentang daun kemangi bisa menyembuhkan gatal-gatal pada kulit. Klaim tersebut disebarkan oleh salah satu akun Facebook pada 6 April 2022.

Akun Facebook tersebut mengunggah foto daun kemangi kemudian disandingkan dengan foto bagian tangan dan kaki yang bentol.

Kemudian akun Facebook itu mengunggah narasi berisi klaim bahwa daun kemangi ampuh mengobati atau menyembuhkan gatal-gatal pada kulit.

"Assalamualaikum........

Pasti Ada yang pernah mengalami gatal2 seperti ini ???

Gatalnya minta ampuuuun kadang ngegaruknya sampai berdarah Alhamdulillah ketemu sama obatnya

Harganya sangat murah dan gampang dapatnyaDaun Kemangi/serawung..😄

Cukup gosokkan daun kemangi ditempat yang gatal usahakan gosok sampai air daun kemanginya keluar ya karna yang jadi obatnya itu getah daunnya

Indahnya berbagi..," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 49 kali dibagikan dan mendapat 7 komentar warganet.

Benarkah daun kemangi ampuh menyembuhkan dan mengobati gatal-gatal pada kulit? Berikut penelusurannya.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim daun kemangi ampuh menyembuhkan dan mengobati gatal-gatal pada kulit. Beberapa waktu liputan6.com sempat menghubungi dokter kulit Rumah Sakit Siloam Kebon Jeruk, Jakarta, dr Melyawati Hermawan, Sp. KK.

Dr Melyawati mengungkapkan, daun kemangi tidak terbukti bisa menyembuhkan dan mengobati gatal-gatal pada kulit. Ia juga memastikan, tidak ada riset ilmiah yang mendukung klaim tersebut.

"Belum ada riset daun kemangi (mengobati gatal)," kata dokter Melyawati kepada Liputan6.com, Selasa 1 September 2020 lalu.

Daun kemangi memang memiliki manfaat bagi kulit. Tapi tidak dijelaskan bisa mengobati gatal pada kulit. Informasi ini dikutip dari artikel berjudul "3 Manfaat Hebat Daun Kemangi Segar untuk Kulit" yang dimuat situs liputan6.com pada 30 Desember 2018 lalu.

Liputan6.com, Jakarta - Daun Kemangi biasa menjadi lalapan yang menambah cita rasa makanan yang disantap. Namun, bukan cuma bikin makanan makin enak, daun kemangi segar juga bermanfaat bagi kulit lho.

Daun kemangi segar juga memiliki sejumlah khasiat untuk kulit wajah dan tubuh. Hal ini terutama karena sifat antibakteri, antimikroba, dan antiinflamasi yang dimilikinya.Berikut ini kami uraikan beberapa khasiat kecantikan yang bisa didapatkan dari segenggam daun kemangi segar dari berbagai sumber.

1. Mencegah kanker kulit

Dilansir Spiceography, citral dan limonene yang terkandung di dalam kemangi memiliki khasiat antiinflamasi. Begitu juga dengan kandungan vitamin K tinggi yang dimilikinya. Tak hanya ampuh mengatasi peradangan pada jerawat, tetapi juga berkhasiat untuk mencegah kanker kulit.

2. Mencegah jerawat

Seperti dilansir Specialty Produce, kemangi mengandung beberapa jenis minyak esensial. Beberapa di antaranya adalah linalool, nerol dan citral. Ketiganya memiliki fungsi antimikroba dan antibakteri, jadi bisa melindungi kulit dari bakteri dan kuman pemicu jerawat.

Jika ingin memanfaatkan kemangi untuk mengatasi jerawat, ambil segenggam daunnya yang masih segar. Tumbuk dengan peralatan yang higienis, kemudian terapkan pada wajah.

Jika wajah berminyak, tambahkan sedikit air perasan lemon. Sementara bagi kulit kering perlu ditambahkan madu.

3. Meringankan penyakit kulit

Fungsi antimikroba dan antibakteri yang dimiliki kemangi juga efektif untuk mengobati beberapa jenis penyakit kulit, antara lain psoriasis dan panu. Cukup balurkan kemangi segar yang sudah ditumbuk halus pada kulit yang bermasalah, kemudian diamkan selama kurang lebih tiga puluh menit.

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Klaim daun kemangi ampuh menyembuhkan dan mengobati gatal-gatal pada kulit ternyata tidak terbukti. Faktanya, belum ada riset ilmiah yang mendukung klaim tersebut. Klaim palsu itu ternyata sempat viral pada 2020 lalu.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.