Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar dalam Video Ini Pfizer Janjikan Anak yang Divaksin Miliki Kekuatan Super

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video iklan Pfizer menjanjikan anak yang divaksin memiliki kekuatan super.

Liputan6.com, Jakarta - Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video iklan Pfizer menjanjikan anak yang divaksin memiliki kekuatan super. Klaim ini diunggah salah satu akun Facebook, pada 4 November 2021.

Unggahan klaim video iklan Pfizer menjanjikan anak yang divaksin memiliki kekuatan super menampilkan sejumlah anak yang sedang melakukan gerakan bela diri, mengenakan jubah dan topeng.

Dalam video tersebut terdapat narasi suara sebagai berikut:

"Getting ready to fight Covid

All of us want to be superheroes and the most important heroes are those that hel others

This year thousands of kids like us around the world

Joined the Covid-19 vaccine trail

Kid power

and when they died, they became our super heroes To all the kids who volunteered, we'd like to say: Thankyou

Thank you for sharing your super powers of..

courge

trying new things

Ability to save people

help people

helping not just yourself but many other kids

to noy be scared

be strong

super brave

helping everybody

Thank you you are our super heroes"

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Pfizer memasarkan paksin eksperimentalnya kepada anak-anak. Menjanjikan mereka bahwa mereka akan mengembangkan "Kekuatan Super" dan menjadi "Pahlawan Super" jika mereka mengambilnya. Jadi jika anak anda pengen kuat seperti superhero silahkan di enjus sama pfizer.(Bullshit)😡#saveyourchildreen"

Benarkah klaim video iklan  Pfizer menjanjikan anak yang divaksin memiliki kekuatan super? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video iklan Pfizer menjanjikan anak yang divaksin memiliki kekuatan super menggunakan Google Search dengan kata kunci 'Pfizer advertisement COVID-19 vaccines give children superpowers'. Penelusuran mengarah pada artikel berjudul "Fact Check-Pfizer advertisement does not claim that COVID-19 vaccines give children superpowers" yang dimuat situs Reuters.com, pada 19 November 2021.

Situs Reuters.com menyebutkan, video dimulai dengan mengatakan: "Bersiap-siap untuk melawan COVID. Kita semua ingin menjadi pahlawan super dan pahlawan terpenting adalah mereka yang membantu orang lain. Tahun ini ribuan anak seperti kita, di seluruh dunia, bergabung dalam uji coba vaksin COVID-19. Kekuatan anak! Dan ketika mereka melakukannya, mereka menjadi pahlawan super kita. Kepada semua anak yang menjadi sukarelawan, kami ingin mengucapkan…”

Video itu kemudian menunjukkan klip anak-anak yang mengucapkan terima kasih.

Narator berkata, "Terima kasih telah berbagi kekuatan super Anda ..." dan anak-anak merespons dalam klip yang berbeda dengan "keberanian", "mencoba hal-hal baru", "kemampuan untuk menyelamatkan orang", "kekuatan untuk membantu orang", "tidak membantu hanya diri Anda sendiri tetapi banyak anak lain”, “tidak takut”, “menjadi kuat”, “sangat berani”, “keberanian dan keberanian”, “tembakan pahlawan super”, “membantu semua orang”, “melawan virus corona dan membantu orang lain”, dan "membantu seluruh dunia".

Video berakhir dengan narator berkata, "Terima kasih. Anda adalah pahlawan super kami,” dan lebih banyak anak berkata, “terima kasih” dan “Anda luar biasa”.

Sepanjang video, baik narator maupun anak-anak tidak mengatakan bahwa vaksin akan memberi anak-anak kekuatan super. Sebaliknya, mereka mengatakan bahwa anak-anak yang berpartisipasi dalam uji coba vaksin COVID-19 seperti pahlawan super karena membantu mengembangkan vaksin COVID-19 dengan mengikuti uji coba.

Penelusuran juga mengarah pada artikel berjudul "Disturbing Pfizer ad tells kids they’ll get superpowers from COVID jab.” yang dimuat situs politifact.com, pada 3 November 2021, situs politifact.com menyebutkan video tersebut menunjukkan anak-anak berterima kasih kepada anak-anak lain karena berpartisipasi dalam uji coba vaksin Covid-19 perusahaan.

Anak-anak berterima kasih kepada sukarelawan percobaan karena menggunakan kekuatan super seperti "keberanian" dan "keberanian", tetapi iklan itu tidak mengatakan bahwa vaksin itu memberi orang kekuatan super.

Sumber:

https://www.politifact.com/factchecks/2021/nov/16/blog-posting/pfizer-ad-doesnt-say-covid-19-vaccines-gives-kids-/

https://www.reuters.com/article/factcheck-pfizer-ad-idUSL1N2S92FI

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim video iklan Pfizer menjanjikan anak yang divaksin memiliki kekuatan super tidak benar.

Sepanjang video, baik narator maupun anak-anak tidak mengatakan bahwa vaksin akan memberi anak-anak kekuatan super. Video tersebut menunjukkan anak-anak berterima kasih kepada anak-anak lain karena berpartisipasi dalam uji coba vaksin Covid-19.

3 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.