Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar dalam Foto Ini 15 Orang Tewas Saat Kebakaran di Pesta Pernikahan

Beredar foto yang diklaim 15 orang tewas saat kebakaran di pesta pernihakan. Benarkah?

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah foto yang diklaim 15 orang tewas saat kebakaran di pesta pernikahan beredar di media sosial. Foto tersebut dimuat situs informasiupdete.blogspot.com dengan judul artikel "Innalillahi Wa Inna Illaihi Rojiun 😭 Pesta Pernikahan Malah Berubah Jadi Duka, 15 Orang Tewas termasuk kedua pengantin Di Tempat meninggal.semoga husnul hotimah aminn".

Artikel tersebut kemudian disebarkan oleh salah satu akun Facebook pada 30 Maret 2022. Dalam foto itu, tampak sebuah mobil pemadam kebakaran. Kemudian ada sejumlah petugas dan warga yang terlihat tengah berkumpul di lokasi kebakaran.

"Innalillahi Wa Inna Illaihi Rojiun 😭 Pesta Pernikahan Malah Berubah Jadi Duka, 15 Orang Tewas termasuk kedua pengantin Di Tempat meninggal.semoga husnul hotimah aminn," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 3 kali dibagikan dan mendapat 14 komentar warganet.

Benarkah dalam foto itu 15 orang tewas saat kebakaran di pesta pernikahan? Berikut penelusurannya.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri foto yang diklaim 15 orang tewas saat kebakaran di pesta pernikahan. Penelusuran dilakukan dengan mengunggah foto tersebut ke situs Google Images.

Hasilnya terdapat beberapa artikel yang memuat foto serupa. Satu di antaranya artikel berjudul "Tragis, Pesta Pernikahan Bubar Setelah Gedung SPN Polda Kalsel Ludes Terbakar!" yang dimuat situs kanalkalimantan.com pada 10 November 2019 lalu.

Berikut gambar tangkapan layarnya:

Gambar Tangkapan Layar Artikel dari Situs kanalkalimantan.com.

Dalam artikel dijelaskan bahwa foto tersebut merupakan peristiwa kebakaran di SPN Polda Kalimantan Selatan pada Minggu 10 November 2019 lalu.

Ketika kebakaran terjadi sedang ada acara pernikahan. Akibat kebakaran itu, bangunan aula SPN Polda Kalsel yang disewakan untuk fasilitas pernikahan tersebut, ludes dilahap api.

Selain itu, TK Kemala Bhayangkari 02 yang bersebelahan dengan bangunan aula tersebut juga ikut terbakar. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Diduga, penyebab kebakaran akibat korsleting listrik.

 

Referensi:

https://www.kanalkalimantan.com/tragis-pesta-pernikahan-bubar-setelah-gedung-spn-polda-kalsel-ludes-terbakar/

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Foto yang diklaim 15 orang tewas saat kebakaran di pesta pernikahan ternyata tidak benar. Faktanya, tidak ada korban jiwa dalam kejadian kebakaran yang terjadi di foto.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.