Mitos Kesehatan Sepekan: Vaksin Mengubah Warna Darah Hingga Air Kelapa Muda Bakar Sembuhkan Batu Ginjal

Oleh Hanz Jimenez Salim pada 28 Mar 2022, 13:00 WIB
Diperbarui 28 Mar 2022, 13:00 WIB
Ilustrasi Cek Fakta kesehatan
Perbesar
Ilustrasi Cek Fakta

Liputan6.com, Jakarta - Informasi hoaks terus bermunculan di media sosial, tidak terkecuali hoaks dan mitos kesehatan yang dapat mempengaruhi masyarakat.

Salah satunya klaim vaksin mengubah warna darah. Informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 3 Maret 2022.

Klaim vaksin mengubah warna darah tersebut menampilkan sebuah video yang membahas darah akibat divaksin Pfizer.

Pada video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Perubahan Warna Darah😊 Darah yang Terkontaminasi Vaxx Tampak Desaturasi ⚠️"

Setelah ditelusuri, klaim vaksin mengubah warna darah tidak benar. Video yang ditampilkan pada klaim tersebut telah dibantah, pernyataan seorang dalam video tersebut tidak sesuai, pembekuan darah tidak ada dalam daftar CDC tentang kemungkinan efek samping serius dari vaksin Pfizer.

Selain klaim vaksin mengubah warna darah, terdapat mitos kesehatan lain yang telah ditelusuri selama sepekan. Berikut rangkumannya.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Air Kelapa Muda Bakar Bisa Sembuhkan Batu Ginjal

Gambar Tangkapan Layar Klaim Klaim Minum Air Kelapa Muda Bakar Bisa Sembuhkan Batu Ginjal hingga Asam Urat (sumber: Facebook).
Perbesar
Gambar Tangkapan Layar Klaim Klaim Minum Air Kelapa Muda Bakar Bisa Sembuhkan Batu Ginjal hingga Asam Urat (sumber: Facebook).

Klaim mengonsumsi air kelapa muda bakar dicampur rempah-rempah dapat menyembuhkan batu ginjal hingga asam urat beredar di media sosial. Klaim tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 15 Maret 2022 lalu.

Akun Facebook tersebut mengunggah narasi berisi cara membuat ramuan dari air kelapa muda bakar yang diklaim bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit.

"BATU GINJAL..?

Hancurkan dengan KELAPA MUDA BAKAR dan rempah-rempah, Obat ini sepele tapi ampuh di bandingkan obat kimiawi... BUKTIKAN SENDIRI..🙂

Campuran rempah-rempah :

1. Cengkeh

2. Jahe bakar

3. Merica.

4. Kulit kayu manis.

5. Pala

6 Gula merah aren asli.

Caranya :

• Rempah-rempah dihaluskan secukupnya sebesar kacang tanah.

• Bakar kelapa lalu masukkan rempah rempah yang sudah di haluskan.

• Setelah mendidih lalu masukkan gula aren sebesar 2 jari.

• Aduk rata

Minum di malam hari, usahakan setelah minum air kelapa bakar jangan minum air putih atau yang lainnya sampai besok pagi.

Jika perut anda mules dan berak mencret itu berarti bereaksi dan mengeluarkan racun-racun dalam tubuh lewat kotoran kitaLalu pemulihan kembali, setelah 3 hari minum air kelapa hijau gak perlu di rebus, cukup campur kuning telur ayam kampung 2 biji aduk rata

Lakukan seblm tidur dan jangan minum air putih atau yg lainnya sampai besok pagi

Manfaat dan khasiatnya :

– Gangguan Ginjal (MenghancurkanBatu Ginjal).

– Liver (Perut Bengkak).

– Prostat (Sulit buang air kecil).

– Sakit Pinggang / Encok / Pegel / Linu / Rematik.

– Darah Tinggi (Bludreg).

– Darah Rendah (Animea).

– Diabetes (kencing Manis).

– Asma (Sesak Nafas & Polip).

– Asam Urat ( Flu Tulang ).

– Ma’ag ( Nafsu makan Hilang ).

– Proses Kehamilan ( Mempercepat Keturunan).

– dan berbagai jenis penyakit lainnya," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 392 kali dibagikan dan mendapat 32 komentar warganet.

Setelah ditelusuri, klaim mengonsumsi air kelapa muda bakar dicampur rempah-rempah dapat menyembuhkan batu ginjal hingga asam urat ternyata tidak benar. Tidak ada bukti ilmiah yang mendukung klaim tersebut.

Baca selengkapnya di tautan berikut ini.


Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya