Cek Fakta: Tidak Benar Foto Harimau Berkeliaran di Perawang Riau

Oleh Hanz Jimenez Salim pada 22 Mar 2022, 17:00 WIB
Diperbarui 22 Mar 2022, 17:00 WIB
Gambar Tangkapan Layar Foto yang Diklaim Harimau Berkeliaran di Perawang, Kabupaten Siak, Riau (sumber: Facebook).
Perbesar
Gambar Tangkapan Layar Foto yang Diklaim Harimau Berkeliaran di Perawang, Kabupaten Siak, Riau (sumber: Facebook).

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah foto yang diklaim seekor harimau berkeliaran di Perawang, Kabupaten Siak, Riau beredar di media sosial. Foto tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 17 Maret 2022.

Dalam foto tersebut, tampak seekor harimau tengah berjalan di kebun sawit. Foto tersebut kemudian dikaitkan dengan kabar ada seekor harimau berkeliaran di KM 8 Perawang, Kabupaten Siak, Riau.

"Kepada teman" hati mlai skrg sdh mlai berkeliaran si belang sekitaran KM 8 perawang," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 6.900 kali dibagikan dan mendapat 580 komentar warganet.

Benarkah dalam foto itu seekor harimau berkeliaran di Perawang, Kabupaten Siak, Riau? Berikut penelusurannya.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 


Penelusuran Fakta

CEK FAKTA Liputan6
Perbesar
CEK FAKTA Liputan6 (Liputan6.com/Abdillah)

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri foto yang diklaim seekor harimau berkeliaran di Perawang, Kabupaten Siak, Riau. Penelusuran dilakukan dengan memasukkan kata kunci "harimau perawang" di kolom pencarian Google Search.

Hasilnya terdapat beberapa artikel yang membantah kabar tersebut. Satu di antaranya artikel berjudul "Hoaks Foto Harimau di Kebun Sawit Parawang Siak Beredar di Medsos, Begini Faktanya" yang dimuat situs liputan6.com pada 19 Maret 2022.

Gambar Tangkapan Layar Artikel dari Situs Liputan6.com.

 

Liputan6.com, Siak - Dalam beberapa hari belakangan, warga di Kabupaten Siak, khususnya di Kecamatan Perawang, dibuat heboh dengan beredarnya foto seekor harimau sumatra sedang santai di bawah pohon sawit. Foto tersebut disebar akun media sosial atas nama Angeline Kyeorenisa.

Ada beberapa foto harimau sumatra yang diunggahnya di media sosial, yang langsung viral. Foto-foto tersebut juga sempat membuat warga yang tinggal di Kecamatan Perawang takut untuk berkebun.

"Hati-hati mulai sekarang sudah mulai berkeliaran di belang di sekitaran KM 8 Perawang," tulis akun tersebut.

Unggahan foto harimau sumatra tersebut sampai ke Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau. Setelah menelusuri sumber foto, pihak berwenang menyatakan foto itu adalah tidak benar alias hoaks.

Kepala Bidang I BBKSDA Riau Andri Hansen Siregar mengatakan, foto penampakan harimau itu memang benar adanya tapi sudah lama. Hanya saja, lokasi foto itu tidak seperti yang disebutkan si akun pengunggah.

"Itu hoaks, sebenarnya terjadi di lokasi lain dan di luar Provinsi Riau," kata Andri saat dikonfirmasi Liputan6.com, Selasa siang (22/3/2022).

Andri mengimbau, masyarakat khususnya warga Kabupaten Siak, tidak perlu khawatir karena informasi yang beredar itu tidak benar.

Dia pun meminta warganet agar mengkonfirmasi kepada BBKSDA Riau terkait penampakan satwa liar. Jangan terlebih dahulu menyebar sebelum mendapatkan informasi pasti.

"Bila ada informasi terkait perjumpaan dengan satwa harimau sumatra, cek dulu kebenarannya agar tidak menimbulkan keresahan di kalangan masyarakat," sebut Andri.

 


Kesimpulan

Foto yang diklaim seekor harimau berkeliaran di Perawang, Kabupaten Siak, Riau ternyata tidak benar. Pihak BKSDA menyebut bahwa foto harimau itu bukan di Perawang.

 

Banner Cek Fakta: Salah
Perbesar
Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

 

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya