Sukses

Pegiat Cek Fakta Global Bekerja Sama Tangkal Disinformasi Rusia-Ukraina

Invasi yang dilakukan oleh Rusia terhadap Ukraina memicu munculnya berbagai disinformasi di media sosial.

Liputan6.com, Jakarta - Invasi yang dilakukan oleh Rusia terhadap Ukraina memicu munculnya berbagai disinformasi di media sosial. Hal ini disampaikan oleh Clara Jimenez Cruz, co-founder dan CEO dari Maldita, organisasi media non-profit yang bergerak di bidang cek fakta dan jurnalisme data.

Melihat fenomena tersebut, Maldita mengajak 120 organisasi serupa yang dinaungi oleh International Fact-Checking Network (IFCN) untuk bersama-sama menyajikan informasi yang akurat guna melawan misinformasi yang beredar.

“Kami tahu ketika para pegiat cek fakta saling bekerjasama, pekerjaan yang dihasilkan akan lebih efektif dan kami juga mampu mengumpulkan beragam informasi terkait disinformasi apa yang seringkali tersebar,” ujar Clara, seperti dikutip dari Poynter.

Maldita meluncurkan ukrainefacts.org dan tagar #UkraineFacts yang berisikan hasil cek fakta yang beredar terkait misinformasi dan disinformasi terkait Ukraina. Seluruh informasi ini dapat diakses oleh masyarakat di seluruh dunia.

Upaya ini didukung penuh oleh para pegiat cek fakta lainnya, melihat kontribusi aktif yang dilakukan berbagai organisasi serupa sejak kerjasama tersebut dijalin. Baybars Orsek, direktur International Fact Checking Network (IFCN) berpendapat, keaktifan dan kecepatan penangkalan ini didukung oleh pengalaman mengecek fakta yang telah biasa dilakukan saat pandemi.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa misinformasi tentang Ukraina mencakup di dalamnya gambar-gambar yang tidak sesuai konteks. Di mana gambar lama yang menyerupai kejadian sekarang didaur ulang seolah baru saja terjadi.

Clara menambahkan, setidaknya ada 400 artikel pada #UkraineFacts dari lebih dari 45 negara di seluruh dunia. Hal ini menunjukkan betapa cepatnya suatu informasi keliru tersebar dari satu negara ke negara lainnya.

Penulis: Viona Pricilla/Unitersitas Multimedia Nusantara

Sumber: https://www.poynter.org/fact-checking/2022/global-fact-checkers-unite-to-battle-disinformation-about-russias-invasion-of-ukraine/

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.</p

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

>

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.