Sukses

Simak Hoaks Pembagian Hadiah Terkini, dari Minyak Goreng hingga Uang

Berikut kumpulan hoaks seputar pembagian hadiah

Liputan6.com, Jakarta- Hoaks seputar pemberian hadiah kerap beredar di tengah masyarakat, informasi palsu tersebut menjanjikan berbagai macam, dari uang hingga minyak goreng.

Cek Fakta Liputan6.com telah menelusuri sejumlah informasi seputar pembagian hadiah, hasilnya sebagian telah terbukti hoaks.

Berikut kumpulan hoaks pembagian hadiah.

1. Alfamart Bagikan Hadiah 100 Kemasan Minyak Goreng Rayakan Ulang Tahun ke-22

Beredar di media sosial postingan yang menyebut Alfamart membagikan hadiah 100 kemasan minyak goreng isi 1 kilogram dalam merayakan ulang tahun ke-22. Postingan ini ramai dibagikan sejak pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 28 Februari 2022.

Berikut isi postingannya:

"Pada tanggal 2 Maret kami akan menandai 22 tahun Alfamart, untuk merayakan kesempatan besar ini CEO kami Djoko Susanto telah memutuskan untuk melakukan sesuatu yang spesial untuk semua orang yang berbagi & berkomentar. Semua orang yang telah melakukan ini pada akhir Februari akan mendapatkan hadiah bucket Alfamart penuh dengan barang-barang termasuk 100 kemasan Minyak goreng isi 1Kg untuk dua orang!"

Lalu benarkah postingan yang menyebut Alfamart akan membagikan hadiah 100 kemasan minyak goreng isi 1 kilogram untuk merayakan ulang tahun ke-22? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com di sini.

 

2. Bimoli Bagikan Uang Rp 2 Juta Dalam Rangka Ulang Tahun ke-50

Beredar di media sosial dan aplikasi percakapan pesan berantai yang menyebut Bimoli sedang membagikan hadiah Rp 2 juta dalam rangka ulang tahun ke-50. Pesan berantai itu ramai dibagikan sejak awal pekan ini.

Dalam pesan berantai yang beredar terdapat narasi sebagai berikut:

"The 50th anniversary celebration gift is limited to 5000 pieces while stock last, click to get it free"

Selain itu pesan berantai itu juga disertai link yang mengarah pada website dengan narasi sebagai berikut:

"Congratulations!Bimoli 50th Anniversary Celebration!

Through the questionnaire, you will have a chance to get 2000000 Rupiah"

Lalu benarkah pesan berantai yang menyebut Bimoli sedang membagikan hadiah Rp 2 juta dalam rangka ulang tahun ke-50? Simak hasil penelusurannya di sini.

 

3. PT Pos Indonesia Bagikan Uang Rp 2 Juta

Cek Fakta Liputan6.com mendapati informasi PT Pos Indonesia membagikan uang Rp 2 juta. Informasi tersebut beredar lewat aplikasi percakapan WhatsApp.

Informasi PT Pos Indonesia membagikan uang Rp 2 juta melalui tautan berikut:

"chaosbegin.top/posindonesia/tb.php?pjacajto1645084497177"

Jika tautan tersebut diklik akan mengarah pada halaman situs yang berisi keterangan sebagai berikut:

"🎉Pos Indonesia app promotion rewards!🎊

Congratulations!Pos Indonesia app promotion rewards!

Through the questionnaire, you will have a chance to get 2000000 Rupiah ."

Benarkah informasi PT Pos Indonesia membagikan uang Rp 2 juta? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com di sini.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.