Sukses

Cek Fakta: Ini Bukan Foto Kecelakaan Kendaraan Pengangkut Rudal dari Indonesia untuk Rusia

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto kecelakaan kendaraan pengangkut rudal yang dikirim Indonesia untuk membantu Rusia.

Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim foto kecelakaan kendaraan pengangkut rudal yang dikirim Indonesia untuk membantu Rusia. Informasi tersebut beredar lewat aplikasi percakapan WhatsApp.

Klaim foto kecelakaan kendaraan pengangkut rudal yang dikirim Indonesia untuk membantu Rusia, menampilkan kendaraan jenis turk yang mengangkut benda berbentu tabung panjang lancip pada bagian ujung.

Foto tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Rudal sg wingi di Kirim Indonesia gawe

mbantu rusia lur,..

Kecelakaaan !!.. untung ae hulu ledak e wes

di jinakan ... slamet,, slamet slamett.- di Moscow Rusia."

Benarkah klaim foto kecelakaan kendaraan pengangkut rudal yang dikirim Indonesia untuk membantu Rusia? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto kecelakaan kendaraan pengangkut rudal yang dikirim Indonesia untuk membantu Rusia dengan Google Image.

 

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto kecelakaan kendaraan pengangkut rudal

Penelusuran mengarah pada artikel berjudul "Truk Bermuatan Paku Bumi Terguling di Tanjung Priok" yang dimuat situs kompas.com  pada 30 Januari 2018.

Artikel situs tersebut memuat foto yang identik dengan klaim.

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto kecelakaan kendaraan pengangkut rudal

Situs kompas.com menyebutkan, sebuah truk bermuatan paku bumi milik PT Wika terguling di Jalan Bandar Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (30/1/2018).

Kasubbag Humas Polres Pelabuhan Tanjung Priok Iptu Edi Tarmidi menjelaskan kronologi peristiwa itu. Truk tersebut berangkat dari Bogor menuju dermaga Inggom, Tanjung Priok sekitar pukul 04.14. Setiba di Pelabuhan Tanjung Priok pada pukul 06.15, tepatnya di tikungan Jalan Banda, sopir truk, Rojikin (28) tiba-tiba merasa bagian tengah ban loss. Saat menikung, truk hilang kendali dan terguling.

Sejumlah paku bumi yang diangkut terjatuh dan berserakan di jalan.

Penelusuran juga mengarah pada artikel berjudul "Paku Bumi Berserakan di Priok" yang dimuat situs news.detik.com, pada 30 Januari 2018.

Artikel situs news.detik.com memuat rangkaian foto yang identik dengan klaim. Diberi keterangan sebagai berikut:

"Mobil bernopol B 9452 UEM berangkat dari Bogor ke Pelabuhan Tanjung Priok. Truk yang disopiri oleh Rojikin (28) itu hendak menurunkan paku bumi itu di Dermaga Inggom, Jl Industri, Tanjung Priok."

 

 

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto kecelakaan kendaraan pengangkut rudal

 

Sumber:

https://megapolitan.kompas.com/read/2018/01/30/09483641/truk-bermuatan-paku-bumi-terguling-di-tanjung-priok

https://news.detik.com/foto-news/d-3840425/paku-bumi-berserakan-di-priok 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim foto kecelakaan kendaraan pengangkut rudal yang dikirim Indonesia untuk membantu Rusia tidak benar.

Dalam foto tersebut truk yang sedang mengangkut paku bumi yang terguling di Tanjung Priok.

 

3 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.