Sukses

Daftar Hoaks Seputar Bantuan Terkini, dari Minyak Goreng sampai Paket Internet

Simak kumpulan hoaks seputar pemberian bantuan hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com, Jakarta- Informasi pemberian bantuan beredar di tengah masyarakat lewat media sosial, kabar tersebut tentu menarik namun sebaiknya kita perlu waspada agar tidak menjadi korban hoaks.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah menelusuri sejumlah informasi seputar pemberian bantuan, mulai dari minyak goreng sampai paket internet. Hasilnya sebagian informasi tersebut terbukti hoaks.

Simak kumpulan hoaks seputar pemberian bantuan hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com:

1. Pembagian Minyak Goreng Gratis pada 29-31 Februari 2022

 Beredar di media sosial postingan yang menyebut akan ada bantuan lima bungkus minyak goreng gratis di tiap desa pada akhir bulan Februari. Postingan itu ramai dibagikan sejak awal bulan lalu.

Salah satu akun ada yang mempostingnya di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 15 Februari 2022.

Berikut isi postingannya:

"Pemberitahuan kepada seluruh warga indonesia :Akhir bulan ini akan ada bantuan minyak goreng gratis di tiap desa / kelurahan.

Masing² per KK akan dpt jatah 5 bungkus minyak goreng kemasan 1kg.

Jangan ketinggalan ya kunjungi balai desa masing masing pada tgl 29 - 31 Februari 2022.

Ingat ya hanya 3 hari saja terimakasih"

Lalu benarkah postingan yang menyebut akan ada bantuan lima bungkus minyak goreng gratis di tiap desa pada akhir bulan Februari 2022? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com di sini.

 

2. Informasi Pendaftaran Subsidi Pulsa 250 Ribu dan Kuota 75 GB dari Kemendikbud Periode Februari

Cek Fakta Liputan6.com mendapati informasi pendaftaran subsidi pulsa 250 ribu dan kuota 75 GB dari Kemendikbud periode Februari. Informasi tersebut beredar lewat aplikasi percakapan WhatsApp.

Berikut informasi pendaftaran subsidi pulsa 250 ribu dan kuota 75 GB dari Kemendikbud periode Februari.

"paket-data.my.id/?v=zubisi

KEMENDIKBUDProgram kuota belajar pulsa 250rb dan kuota 75GB untuk dosen, guru, siswa, mahasiswa selama pembelajaran jarak jauh periode February!"

Benarkah informasi pendaftaran subsidi pulsa 250 ribu dan kuota 75 GB dari Kemendikbud periode Februari? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com di sini.

 

3. Pendaftaran Subsidi Kuota 50 GB Periode Februari dari Kemendikbud 

Cek Fakta Liputan6.com mendapati informasi pendaftaran subsidi kuota 50GB periode Februari dari Kemendikbud. Informasi tersebut beredar lewat aplikasi percakapan WhatsApp.

Berikut informasi pendaftaran subsidi kuota 50GB periode Februari dari Kemendikbud tersebut:

"📶📶📶

*Ambil 50GB Kuota Internet Free dari Operator! *

1. Subsidi akan segera berakhir2. Buka websitenya dan segera daftarkan nomor ponsel anda untuk mendapatkan 50GB.3. Periode 1 Jan - 28 Feb ! Klik pada link di bawah untuk mendaftar:

https://gratis50gb.online/?v=105GigaBytes

Setelah mendaftar pada link diatas, kuota internet akan disubsidikan setelah 1 jam!"

Benarkah informasi pendaftaran subsidi kuota 50GB periode Februari dari Kemendikbud? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com di sini.

 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.