Sukses

Penguatan Literasi Digital Guna Capai Perkembangan Ekonomi Digital

Melalui program GNLD, Kominfo berharap dapat memberi pemahaman perekonomian digital di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Melalui Program Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) berharap dapat memberi pemahaman perekonomian digital di Indonesia. Hal ini disampaikan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate.

“Saya menekankan agar literasi yang saat ini masih sangat kecil perlu terus didorong, mengingat bahwa usaha pemerintah untuk memberikan perhatian khusus mendorong UMKM dan Ultra Mikro nasional untuk go digital onboarding,” ujar Menteri Johnny, pada Webinar Perkumpulan Investor Pasar Modal Indonesia: Investing and Trading Summit, Jumat (18/02/2022).

Selain mendorong peningkatan literasi digital pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), Kemkominfo juga berupaya meningkatkan literasi digital terutama sektor keuangan di bidang pasar modal.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menemukan adanya tren peningkatan literasi keuangan dari tahun ke tahun.

Menkominfo menilai tren tersebut sebagai batu loncatan untuk lebih meningkatkan kembali literasi keuangan agar masyarakat mampu lebih selektif dalam menerima informasi, memilih platform teknologi finansial yang baik tepat dalam berinvestasi digital.

Melihat adanya bahaya dalam berinvestasi secara digital, Kemkominfo berupaya menyajikan Program GNLD bertemakan investasi digital dan pengenalan dunia teknologi finansial (financial technology).

“Secara konkret dengan tema antara lain meliputi pengenalan dunia non-fungible token dan blockchain yang dilakukan di tahun ini. Belajar investasi menggunakan platform digital, aman dan nyaman berinvestasi digital, serta berantas fintech palsu dan ilegal,” dia menjelaskan.

Untuk diketahui, pihak Kominfo sendiri telah menutup 5.429 akses terhadap fintech ilegal jenis investasi binary option, forex ilegal, dan investasi ilegal lainnya.

Penulis: Viona Pricilla/Universitas Multimedia Nusantara

Sumber: https://www.kominfo.go.id/content/detail/40085/siaran-pers-no57hmkominfo022022-tentang-kembangkan-ekosistem-menkominfo-pemerintah-perkuat-literasi-dan-awasi-platform-keuangan-digital/0/siaran_pers

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.