Sukses

Simak Kabar Hoaks Publik Figur Meninggal Dunia, dari Ariel sampai Ayu Ting Ting

Simak kumpulan kabar hoaks meninggalnya sejumlah publik

Liputan6.com, Jakarta- Kabar sejumlah publik figur meninggal dunia beredar di media sosial, namun informasi tersebut sebaiknya tidak langsung dipercaya agar kita bisa terhindari dari hoaks.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah menelusuri kabar meninggalnya sejumlah publik figur, namun informasi tersebut terbukti hoaks.

Simak kumpulan kabar hoaks meninggalnya sejumlah publik:

 

1. Inul Daratista Meninggal Dunia pada 2 Januari 2022

Kabar tentang penyanyi dangdut Inul Daratista meninggal dunia beredar di media sosial. Kabar tersebut disebarkan situs penahafiz.xyz pada 2 Januari 2022.

Situs tersebut memuat artikel berjudul

"Berita Duka, SeIamat JaIan Untuk SeIamanya Inul Daratista, InnaIiIahi WainnaiIIaihirojiun Kabar Dukа MеnуеIіmutі ..."

Dalam artikel tersebut memuat foto mobil terguling akibat kecelakaan. Foto tersebut kemudian dikaitkan dengan kabar meninggalnya Inul Daratista.

Benarkah kabar penyanyi dangdut Inul Daratista meninggal dunia pada 2 Januari 2022? Simak hasi penelusurannya di sini.

 

2. Putri dari Annisa Trihapsari Meninggal Dunia karena Sakit Paru-paru pada 6 Januari 2022

Kabar tentang putri dari artis Annisa Trihapsari meninggal dunia karena sakit paru-paru beredar di media sosial. Kabar tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 6 Januari 2022.

Akun Facebook tersebut mengunggah artikel berjudul "kabar duka innalillahi wainnalillahi rojiun ??Putri Bungsu Annisa Trihapsari Lulus Hafizah, Baru 12 Tahun Sudah Jadi Penghapal Alquran namun meninggal karena sakit paru paru ,semoga husnul khotimah amin" yang dimuat situs gerbangviralterkini.blogspot.com.

Dalam artikel tersebut menampilkan foto dari putri Annisa, yakni Aquene Aziz Djorghi. Foto tersebut kemudian dikaitkan dengan kabar bahwa putri bungsu Annisa Trihapsari meninggal dunia karena sakit paru-paru.

"kabar duka innalillahi wainnalillahi rojiun ??Putri Bungsu Annisa Trihapsari Lulus Hafizah, Baru 12 Tahun Sudah Jadi Penghapal Alquran namun meninggal karena sakit paru paru ,semoga husnul khotimah amin," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 3 kali dibagikan dan mendapat 23 komentar warganet.

Benarkah kabar putri dari artis Annisa Trihapsari meninggal dunia karena sakit paru-paru? Simak hasil penelusurannya di sini.

 

3. Ayu Ting Ting Meninggal Dunia karena Serangan Jantung pada 14 Januari 2022

 Kabar tentang artis Ayu Ting Ting meninggal dunia karena serangan jantung beredar di media sosial. Kabar tersebut beredar lewat sebuah artikel berjudul "INNALILAHI 😭, Dunia Artis Berduka, Ayu Ting Ting Meninggal Dunia Karena Serangan Jantung, Semoga Khusnul Khatimah, Amin" yang dimuat situs bacalah.pikiranku.xyz pada 14 Januari 2022.

Dalam artikel tersebut disebutkan bahwa Ayu Ting Ting meninggal dunia karena serangan jantung. Berikut narasinya:

Media sosial saat ini dihebohkan dengan kabar artis sekaligus penyanyi dangdut Ayu Ting Ting meninggal dunia akibat serangan jantung.

Kabar Ayu Ting Ting meninggal dunia akibat serangan jantung beredar luas di media sosial setelah salah satu kanal YouTube menggunggah sebuah video yang berjudul "INNALILLAHI,Kabar Duka Ayu Ting Ting Meninggal Dunia Akibat Serangan Jantung: "Semoga Tenang Ayu".

Benarkah kabar Ayu Ting Ting meninggal dunia akibat serangan jantung pada 14 Januari 2022? Simak hasil penelusurannya di sini.

 

4. Ariel Noah Meninggal Dunia pada 8 Februari 2022

Kabar tentang vokalis band Noah, Ariel Noah meninggal dunia beredar di media sosial. Kabar tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 8 Februari 2022.

Akun Facebook tersebut mengunggah artikel berjudul "Berita Duka, Selamat Jalan Untuk Selamanya Ariel Noah, Innalilahi Wainnaillaihirojiun Kabar Duka" yang dimuat situs infoberitaterupdatee.online.

Dalam artikel tersebut terdapat foto mobil yang ringsek akibat kecelakaan. Terlihat, mobil tersebut juga diangkut alat berat.

"Berita Duka, SeIamat JaIan Untuk SeIamanya 😭 Ariel Noah, InnaIiIahi WainnaiIIaihirojiun Kabar Dukа," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 1 kali dibagikan dan mendapat 11 komentar warganet.

Benarkah kabar Ariel Noah meninggal dunia pada 8 Februari 2022? Simak hasil penelusurannya di sini.

 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.