Deretan Foto Hoaks Sepekan: Kaca Indomaret Pecah Akibat Pembeli Minyak Goreng hingga Penularan Virus Lewat Ban Mobil

Oleh Hanz Jimenez Salim pada 01 Feb 2022, 14:00 WIB
Diperbarui 01 Feb 2022, 14:00 WIB
ilustrasi Hoax
Perbesar
ilustrasi Hoax{Liputan6.com/Abdillah)

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah kabar hoaks masih beredar di media sosial selama sepekan terakhir. Beberapa di antaranya menyebar dalam bentuk foto.

Salah satunya foto yang diklaim kaca Indomaret pecah akibat membeludaknya konsumen membeli minyak goreng. Foto tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 19 Januari 2022.

Akun Facebook tersebut mengunggah foto Indomaret yang bagian pintu kacanya pecah. Foto tersebut kemudian dikaitkan dengan membeludaknya konsumen yang membeli minyak goreng di Indomaret.

"Gara gara minyak pecah kaca indomaret.

Ganas kali mak mak rebutan minyak.hahahah," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 2 kali dibagikan dan mendapat 2 komentar warganet.

Namun setelah ditelusuri, foto yang diklaim kaca Indomaret pecah karena antrean konsumen membeli minyak goreng ternyata tidak benar. Faktanya, foto itu merupakan insiden tabrakan di salah satu toko Indomaret di Aceh pada 19 Januari 2022.

Selain foto yang diklaim kaca Indomaret pecah karena antrean konsumen membeli minyak goreng, terdapat foto hoaks lainnya yang telah ditelusuri. Berikut rangkumannya.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 


Penularan Virus Varian Baru Lewat Ban Mobil

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto penularan virus varian baru lewat ban Omikron
Perbesar
Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto penularan virus varian baru lewat ban Omikron

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim foto penularan virus varian baru lewat ban Omikron. Informasi tersebut beredar lewat aplikasi percakapan WhatsApp.

Klaim foto penularan virus varian baru lewat ban Omikron menampilkan sebuah foto ban mobil terdapat tulisan "OMIKRON" yang diberi tanda warna kuning dan "Accelera". Pada foto tersebut terdapat keterangan sebagai berikut:

"Penularan virus varian baru lewat ban mobil...Jaga prokes"

Setelah ditelusuri, klaim foto penularan virus varian baru lewat ban Omikron tidak benar.

Omikron merupakan salah saru tipe ban dari Accelera, ban tersebut sudah dipasarkan sebelum WHO menetapkan varian B.1.1.529 atau Omicron menjadi varian dalam perhatian atau variant of concern (VOC) pada 26 November 2021.

Baca selengkapnya di tautan berikut ini.


Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya