Sukses

Hoaks Terkini Seputar Bencana Alam, dari Tsunami sampai Gempa Bumi

Berikut kumpulan hoaks seputar bencana alam

Liputan6.com, Jakarta- Informasi seputar bencana alam beredar di media sosial, namun tidak semua kabar tersebut benar. Untuk itu kita harus hati-hati agar tidak percaya pada hoaks.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah menelusuri sejumlah informasi seputar bencana alam, hasilnya sebagian terbukti hoaks.

Berikut kumpulan hoaks seputar bencana alam:

1.  Video Peristiwa Tsunami di Tonga

Sebuah video yang diklaim peristiwa tsunami di Tonga beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 15 Januari 2022.

Dalam video berdurasi 5 menit 20 detik itu menampilkan tiga orang yang digulung ombak. Mereka tampak sengaja menunggu ombak besar tersebut. Cuplikan video itu kemudian dikaitkan dengan tsunami yang terjadi di Tonga.

"DOA UNTUK TOnga 🙏😥

Beberapa dari kita mendapatkan berita tentang Tsunami bahwa pulau-pulau di Tong disebabkan oleh gunung berapi samudera yang aktif.Doa kami bersama keluarga yang terkena dampak. 🙏

#Tsunami #Tonga #HungaTonga #TongaVolcano #Volcan

,tonga,letusan tonga,gunung berapi,letusan gunung berapi tonga,letusan gunung berapi,gunung berapi di tonga,letusan gunung berapi di tonga,letusan hunga tonga,gunung berapi hunga,gunung berapi hunga tonga,letusan gunung berapi hunga tonga,letusan gunung berapi tonga 2022,tsunami,letusan tonga hari ini ,peringatan tsunami tonga,letusan tonga,tsunami di tonga,tsunami tonga 2022,tsunami tonga hari ini,samoa tsunami,tsunami fiji,pulau tonga,tsunami warning nz,berita,tsunami samoa amerika,tongatapu," tulis salah satu akun Facebook.

Video yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 9.100 kali ditonton dan mendapat 20 komentar warganet.

Benarkah video tersebut merupakan peristiwa tsunami di Tonga? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com berikut ini.

2.  Video Peristiwa Gempa di Banten pada 14 Januari 2022

Sebuah video yang diklaim peristiwa gempa di Banten beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 15 Januari 2022.

Dalam video berdurasi 5 menit 6 detik itu, memperlihatkan suasana mencekam dari peristiwa gempa. Jalanan di depan SPBU tampak retak. Terlihat juga sejumlah warga berlairan menyelamatkan diri.

Video tersebut kemudian dikaitkan dengan peristiwa gempa yang mengguncang Banten pada 14 Januari 2022 kemarin.

"Gempa di Banten,,,kemarin sore," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 75 kali ditonton dan mendapat 5 komentar warganet.

Benarkah dalam video tersebut merupakan peristiwa gempa Banten pada 14 Januari 2022? Simak hasil penelusurannya di sini.

 

3. Foto Masjid Rubuh Akibat Gempa Banten 14 Januari 2022

 

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto masjid ambruk akibat gempa Banten 14 Januari 2022

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim foto masjid ambruk akibat gempa Banten 14 Januari 2022. Informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 15 Januari 2021.

Klaim foto masjid ambruk akibat gempa Banten 14 Januari 2022 yang diunggah menampilkan sebuah bangunan yang bagian dindingnya runtuh sehingga membuat atapnya miring sebagian menyentuh tanah.

Foto tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Musibah gempa Banten kemaren sore!"

Benarkah klaim foto masjid ambruk akibat gempa Banten 14 Januari 2022? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com berikut ini.

 

4 Foto Kerusakan Dampak Gempa Banten 14 Januari 2022 

 

 

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim foto dampak kerusakan gempa Banten 14 Januari 2022

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim foto kerusakan dampak gempa Banten 14 Januari 2022. Informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 14 Januari 2022.

Unggahan klaim foto kerusakan dampak gempa Banten 14 Januari 2022 menampilkan rangkaian foto terdiri dari foto jalan yang terlihat retak, pada lubang retakan dimasukan dahan pohon pisang. Foto kedua menampilkan sebuah bangunan yang bagian dindingnya runtuh sehingga membuat atapnya miring sebagian menyentuh tanah.

Pada bagian atas foto tersebut terdapat tulisan "Innalillahi wainnailai rojiun.Banten Dan Jakarta Di Guncang Gempa Bumi 6.7"

Sedangkan pada bagian bawah terdapat tulisan:

"Gempa M 6,7 Guncang Banten, Terasa Hingga Jakarta, Bogor, Depok"

Benarkah klaim foto kerusakan dampak gempa Banten 14 Januari 2022? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com berikut ini.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.