Cek Fakta: Tidak Benar Video Pabrik Daging Manusia McDonald’s

Oleh Pebrianto Eko Wicaksono pada 20 Jan 2022, 15:00 WIB
Diperbarui 21 Jan 2022, 09:59 WIB
Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video pabrik daging manusia McDonald’s
Perbesar
Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video pabrik daging manusia McDonald’s

Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video pabrik daging manusia McDonald’s. Informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 2 November 2021.

Unggah klaim video pabrik daging manusia McDonald’s menampilkan cuplikah bangunan dengan logo McDonald’s dilanjutkan dengan daging yang menyerupai bagian tubuh manusia sedang digantung dan kegiatan laboratorium.

Dalam video tersebut terdapat narasi berikut ini:

"A shocking discovery has been made in an Oklahoma City McDonald’s meat factory and other McDonald’s meat factories nationwide. Meat inspectors reportedly found, what appeared to be, Human meat stored in the meat factory freezers of an Oklahoma City meat factory and human meat already in trucks right outside the factory ready to be shipped to McDonald’s restaurants. Health inspectors immediately demanded inspection in various McDonald’s meat factories across the country and horrifyingly found human meat in about 90% of the factories inspected thus far.

The USDA (United States Department of Agriculture) has seized McDonald’s production and shipping and will call for more meat factory inspections and restaurant inspections. The FBI is also investigating the factories. FBI agent Lloyd Harrison told Huzler reporters “The worst part is that it’s not only human meat, it’s child meat. the body parts that were found across the U.S. factories were deemed to small to be adult body parts, this is truly horrible”.

The situation brings up many unanswered questions. How long have they been using human meat? Where did they get the children from? Were they already dead when brought into factories? Investigators and Inspectors are currently being deployed for intensive investigations all around the U.S."

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Pabrik daging manusia McDonald's"

Benarkah klaim video pabrik daging manusia McDonald’s? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video pabrik daging manusia McDonald’s, dengan menangkap layar salah satu cuplikan video

bagian tubuh manusia yang digantung untuk dijadikan bahan penelusuran menggunakan Google Image.

 

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video pabrik daging manusia McDonald’s

Penelusuran mengarah pada artikel berjudul "LA ARTISTA SHARON BAKER Y SU MACABRA RECREACIÓN DE UNA CARNICERÍA DE CARNE HUMANA EN LONDRES" yang dimuat situs galiciafutura.com, pada 15 November 2013. Situs tersebut memuat foto yang identik dengan klaim.

 

 

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video pabrik daging manusia McDonald’s

Situs galiciafutura.com menyebtukan, potongan tubuh manusia dalam foto tersebut adalah instalasi seni karya artis Sharon Baker, untuk mempromosikan peluncuran Resident Evil 6, perusahaan Capcom, pencipta video game, menugaskan artis Sharon membuat instalasi yang menciptakan toko daging manusia asli di dalam Smithfield Market yang populer di London Timur.

Dalam skenario ini, dua karyawan yang ramah bertugas membedah dan menyiapkan semua jenis daging manusia untuk dikonsumsi. Dua gambar telah memasukkan yang cukup "lunak", tetapi itu hanya sampel kecil karena, seperti halnya babi, tubuh kami tidak memiliki kotoran. Mereka bahkan menawarkan sebagai toko makanan nampan berisi jari, penis, dan lidah.

Penelusuran dilanjutkan dengang menangkap layar cuplikan video yang lainnya yang menampilkan sebuah benda berbentuk tubuh manusia tanpa kulit di hadapan dua orang, untuk dijadikan bahan penelusuran menggunakan Google Image.

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video pabrik daging manusia McDonald’s

Penelusuran mengarah pada artikel berjudul "Resident Evil 6 – Açougue de Carne Humana em Londres!" yang dimuat situs garotasnerds.com, pada 4 Oktober 2012. Situs tersebut memuat sejumlah foto, salah satunya identik dengan klaim.

 

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video pabrik daging manusia McDonald’s

 

Situs garotasnerds.com menyebutkan, untuk mempromosikan rilis Resident Evil 6, dari seri game horor Capcom, perusahaan memutuskan untuk memilih tema pembantaian dan darah dengan membuka toko yang  menjual daging dengan bentuk menyerupai bagian tubuh manusia manusia di pasar daging terkenal London, Smithfield's.

 Tentu saja dagingnya bukanlah manusia, hanya dimodelkan dalam bentuk bagian tubuh manusia oleh seniman makanan Sharon Baker , Bagian-bagian seperti tangan, jari, lengan, dada, dll. Daging tersebut dapat dibeli dan benar-benar dapat dimakan. Semua hasil dari penjualan disumbangkan ke Asosiasi Limbless .

Penelusuran dilanjutkan dengan kata kunci 'human meat factory mcdonald's', penelusuran mengarah pada situs "The claim: McDonald's closed in three countries for serving human meat; worldwide closures soon" yang dimuat situ usatoday.com, pada 30 Desember 2021. Situs tersebut menyebutkan, klaim tentang  McDonald’s menjual daging manusia berasal dari situs Huzlers, situs satir yang memuat informasi imaginer, informasi tersebut disebar sejak 2014.

Cek Fakta Liputan6.com.com menelusuri situs tersebut, ditemukan tulisan berjudul "McDonalds Exposed For Using Human Meat! (Must Watch Video)" yang isinya identik dengan narasi pada klaim video tersebut.

McDonald’s dalam situs resmi mcdonalds.com memberi klarifikasi atas penggunaan dagin manusia pada restoran cepat saji tersebut.

Situs tersebut menyatakan sebagai berikut:

"Hi, no we do not have any human meat in our burgers. We would like to assure you that we only use 100% pure, Halal beef and chicken in our food. That's it!

We source our beef from BRF in Abu Dhabi and chicken from McFood in Malaysia who abide by our strict quality, safety and Halal standards." Berikut termahan dalam bahasa Indonesia:

"Hai, tidak, kami tidak memiliki daging manusia di burger kami. Kami ingin meyakinkan Anda bahwa kami hanya menggunakan 100% daging sapi dan ayam Halal murni dalam makanan kami. Itu dia!"

 

 

Sumber:

https://galiciafutura.com/2013/11/15/la-artista-sharon-baker-recrea-una-carniceria-de-carne-humana-en-londres/

https://garotasnerds.com/resident-evil-6-acougue-de-carne-humana-em-londres/

https://www.usatoday.com/story/news/factcheck/2021/12/30/fact-check-false-claim-mcdonalds-and-human-meat/9044539002/

 https://www.mcdonalds.com/om/en-om/your-right-to-know/2317-are-you-using-humans-meat-in-the-food.html

 

 

 

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com klaim video pabrik daging manusia McDonald’s tidak benar.

Informasi tersebut berasal dari situs satir yang menyajikan informasi palsu. Sejumlah foto yang ditampilkan dalam video tersebut pun tidak terkait dengan restoran cepat saji McDonald’s.

 

Banner Cek Fakta: Salah
Perbesar
Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)
Scroll down untuk melanjutkan membaca

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya