Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Animasi Upin dan Ipin Berasal dari Kisah Nyata

Beredar klaim tentang animasi Upin Ipin berasal dari kisah nyata. Benarkah?

Liputan6.com, Jakarta - Klaim tentang animasi Upin dan Ipin berasal dari kisah nyata beredar di media sosial. Klaim tersebut disebarkan oleh salah satu akun Facebook pada 16 Januari 2021.

Akun Facebook tersebut mengunggah foto makam bertuliskan Upin dan Ipin. Foto tersebut kemudian dikaitkan dengan kabar bahwa animasi yang populer di Indonesia itu diambil dari kisah nyata.

"Baru tau kalo animasi Upin Ipin di ambil dari kisah nyata 🙂," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 39 kali direspons dan mendapat 12 komentar warganet.

Benarkah animasi Upin dan Ipin berasal dari kisah nyata? Berikut penelusurannya.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim tentang animasi Upin dan Ipin berasal dari kisah nyata. Penelusuran dilakukan dengan mengunjungi akun Twitter yang dikelola Les' Copaque, rumah produksi dari animasi Upin dan Ipin, @lescopaque.

Dalam unggahannya, akun Twitter @lescopaque membantah klaim bahwa animasi Upin dan Ipin diambil dari kisah nyata.

Gambar Tangkapan Layar Unggahan dari Akun Twitter @lescopaque.

"Semua cerita Upin & Ipin adalah rekaan semata-mata dan ditulis sepenuhnya oleh Les' Copaque Production. Ianya tidak diambil atau diinpirasi dari kisah sesiapa yang masih hidup mahupun yang telah tiada," tulis akun Twitter @lescopaque pada 17 Januari 2022.

"Idea asal cerita Upin & Ipin adalah dari Hajah Ainon yang juga pelakon suara Opah. Setiap cerita yang ditulis bukan sahaja mudah difahami tetapi juga sarat dengan mesej yang bermanfaat," tambah akun tersebut.

Liputan6.com kemudian menemukan artikel yang menjelaskan mengenai makam Upin dan Ipin. Artikel tersebut berjudul "Makam Upin dan Ipin di Kota Palu, Siapa Menginspirasi Siapa?" yang dimuat situs Liputan6.com pada 18 Januari 2022.

Gambar Tangkapan Layar Artikel dari Situs Liputan6.com.

Liputan6.com, Palu - Dua makam bertuliskan nama Upin dan Ipin di Kota Palu menjadi perbincangan warga setelah viral di media sosial. Namun, apakah makam tersebut adalah muasal serial Upin dan Ipin yang digemari anak-anak itu?

Makam Upin dan Ipin itu terletak di kompleks pemakaman umum Kelurahan Layana, Kecamatan Palu Utara, Kota Palu. Dua makam yang bersebelahan itu mendadak menghebohkan warga setelah viral di media sosial dan dikaitkan dengan serial animasi anak di televisi oleh warganet.

Di kedua makam tertulis tanggal dan tahun wafat. Upin yang berada di sebelah kiri, wafat pada tanggal 6 Agustus tahun 1995, sedangkan Ipin yang makamnya di sebelah kanan wafat tanggal 2 tahun 1996. Di sebelah makam keduanya juga terdapat makam lainnya yang merupakan anggota keluarga.

Sejak viral, kedua makam tersebut mulai ramai dikunjungi warga yang panasaran. Apalagi tahun wafat keduanya jauh lebih dulu dibanding munculnya tayangan kartun yang digemari anak-anak tersebut.

Selain orang dewasa kedua makam tersebut juga banyak dikunjungi pelajar dan anak-anak.

“Saya ke sini karena penasaran tiba-tiba viral makam Upin dan Ipin. Apalagi kartun itu terkenal,” kata Muzamil, seorang warga di kompleks pemakaman tersebut.

Makam berwarna biru itu sendiri bukanlah makam fiktif, melainkan benar-benar makam dua bayi yang meninggal dunia. Sang ayah, Hikma (48 th) menceritakan, kedua anaknya itu meninggal dunia karena sakit. Satu anak laki-lakinya wafat setelah berusia 14 hari. Setahun kemudian satu anaknya yang baru dilahirkan dan berusia 3 hari juga meninggal dunia. Keduanya meninggal dunia sebelum sempat diberi nama.

Waktu itu kata Hikma kedua makam tersebut hanya diberi nisan batu untuk penanda lokasi kuburan anak-anaknya lantaran tidak punya biaya. Perbaikan makam yang lebih bagus dengan pemberian nama baru dilakukannya pada tahun 2016.

Mengenai penamaan 2 anaknya di makam tersebut, Hikma mengakui memang terinspirasi dari serial anak-anak, Upin dan Ipin di televisi yang punya karakter kuat sebagai anak-anak.

“Tahun 2016 waktu buat makam itu, tayangan Upin-Ipin sudah banyak digemari anak-anak jadi nama itu yang saya berikan di makam,” Hikma menceritakan, Selasa (18/1/2022).

Pria yang tinggal di kelurahan Mamboro, Kota Palu itu mengaku baru tahu makam anaknya viral di media sosial setelah ditunjukkan oleh anggota keluarganya dan tidak mempermasalahkannya. Hanya saja dia membantah kedua anaknya yang meninggal dunia itu adalah muasal cerita serial tv yang sohor dari Malaysia itu, Upin dan Ipin.

 

Referensi:

https://twitter.com/lescopaque/status/1482983103018815491

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Klaim tentang animasi Upin dan Ipin berasal dari kisah nyata ternyata tidak benar. Faktanya, animasi Upin dan Ipin merupakan kisah fiktif.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.