Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Video Harimau Melintas di Jalan Rancah Ciamis

Beredar video yang diklaim seekor harimau melintas di Jalan Rancah Ciamis, Jawa Barat. Benarkah?

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah video yang diklaim seekor harimau melintas di Jalan Rancah Ciamis, Jawa Barat beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan salah satu channel YouTube pada 28 Desember 2021.

Dalam video tersebut tampak seekor harimau melintas di sebuah jalan pada malam hari. Seorang pengendara ternyata merekam peristiwa tersebut. Video tersebut kemudian dikaitkan dengan kemunculan harimau di Jalan Rancah Ciamis, Jawa Barat.

"Harimau melintas jalan rancah ciamis," tulis channel YouTube tersebut.

Video yang disebarkan channel YouTube tersebut telah 60 kali ditonton dan mendapat dua komentar dari warganet.

Benarkah harimau dalam video tersebut melintas di Jalan Rancah Ciamis? Berikut penelusurannya.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri video yang diklaim seekor harimau melintas di Jalan Rancah Ciamis, Jawa Barat. Penelusuran dilakukan dengan memasukkan kata kunci "harimau jalan rancah ciamis" di kolom pencarian Google Search.

Hasilnya terdapat beberapa artikel yang membantah video tersebut. Satu di antaranya artikel berjudul "Viral Harimau Melintas di Jalan Cisaga-Rancah, BKSDA Ciamis: Hoaks" yang dimuat situs harapanrakyat.com pada 29 Desember 2021 lalu.

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Viral video yang memperlihatkan seekor Harimau sedang melintasi jalan. Penyebar video menyebut video viral Harimau melintas tersebut terjadi di Jalan Cisaga-Rancah, tepatnya di wilayah perkebunan Lemah Neundeut, Kecamatan Cisaga, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Dalam sebuah video yang beredar luas di berbagai WhatsApp Group, terlihat video diambil dari dalam mobil pada malam hari. Lampu mobil menyorot ke arah jalan.

Mobil dalam keadaan berhenti, seekor Harimau dari arah perkebunan terlihat menyeberang dari sisi kiri jalan menuju sisi kanan jalan. Harimau tersebut lalu masuk lagi ke arah perkebunan di bagian kanan jalan.

Menanggapi beredarnya video viral Harimau yang melintas di Jalan Cisaga-Rancah tersebut, Dede, salah satu petugas BKSDA (Badan Konservasi Sumber Daya Alam) wilayah III Ciamis, mengatakan, pihaknya sudah menelusuri kebenaran video tersebut.

“Kami sudah konfirmasi mengenai kebenaran video tersebut. Ternyata menurut Babinsa di sana itu tidak benar dan tidak ada kejadian tersebut,” katanya, Rabu (29/12/2021).

Dede mengatakan, pihaknya sudah menerima laporan dari warga terkait video tersebut. Namun, pihak pelapor tidak bisa menjelaskan lokasi di mana Harimau tersebut melintas. Sehingga pihaknya menyimpulkan video tersebut hoaks.

“Ketika ada yang melapor ke kami mengenai video itu, ternyata pihak pelapor tidak bisa membuktikan secara jelas daerah di jalan mana Harimau melintas. Sehingga kami tegaskan bahwa itu tidak benar,” ungkapnya.

Dede menerangkan, untuk populasi hewan yang ada di Gunung Sawal hanya ada Macan Tutul bukan Harimau.

“Untuk populasi hewan yang berada di Gunung Sawal hanya ada Macan Tutul dan tidak ada Harimau,” pungkasnya.

 

Referensi:

https://www.harapanrakyat.com/2021/12/viral-harimau-melintas-di-jalan-cisaga-rancah-bksda-ciamis-hoaks/

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Video yang diklaim seekor harimau melintas di Jalan Rancah Ciamis, Jawa Barat ternyata tidak benar. Faktanya, Badan Konservasi Sumber Daya Alam wilayah III Ciamis memastikan bahwa tidak ada populasi harimau di daerah tersebut.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini