Sukses

Ragam Hoaks Catut Nama BPJS, Simak Faktanya

Pesan berantai hoaks yang mencatut nama BPJS kerap muncul di masyarakat. Pesan berantai ini menyebar melalui media sosial maupun aplikasi percakapan.

Liputan6.com, Jakarta - Pesan berantai hoaks yang mencatut nama BPJS kerap muncul di masyarakat. Pesan berantai ini menyebar melalui media sosial maupun aplikasi percakapan.

Lalu apa saja hoaks seputar pesan berantai dari BPJS? Simak beberapa di antaranya:

1. Cek Fakta: Hoaks BPJS Bagikan Dana Bantuan Rp 125 Juta

Beredar di media sosial dan aplikasi percakapan pesan berantai berisi BPJS membagikan dana bantuan sebesar Rp 125 juta. Pesan berantai itu ramai dibagikan sejak beberapa waktu lalu.

Dalam pesan berantai disertakan juga tautan yang mengarah ke website tertentu. Berikut isi pesan berantai tersebut selengkapnya:

Cek Fakta dana bantuan BPJS

Lalu benarkah pesan berantai yang mengklaim BPJS membagikan dana bantuan sebesar Rp 125 juta? Simak dalam artikel berikut ini...

2. Cek Fakta: Hoaks BPJS Berikan Bantuan Cek Rp 100 Juta

Beredar kembali di aplikasi percakapan dan media sosial pesan singkat berisi bantuan dana dari BPJS. Pesan singkat itu ramai lagi sejak beberapa waktu lalu.

Salah satu yang membagikannya berada di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 20 November 2021.

Dalam unggahannya terdapat narasi sebagai berikut:

"NASABAH Ythbpk/ibuKami dri BPJS Menyampaikan bahwa Anda terpilih mndptkan BANTUAN cek Rp 100jt untuk info WhatsApp 082397118699bit.ly/PENERIMA-BANTUAN2021"

Selain itu terdapat juga unggahan lain di Facebook berisi narasi yang menjanjikan bantuan dengan nominal berbeda.

Lalu benarkah pesan singkat yang mengklaim BPJS memberikan cek bantuan Rp 100 juta? Simak dalam artikel berikut ini...

3. Cek Fakta: Hoaks BPJS Kesehatan Bagikan Dana Bantuan Rp 37 Juta untuk Masyarakat

Beredar melalui SMS dan aplikasi percakapan pesan berantai mengatasnamakan BPJS Kesehatan yang sedang memberikan dana bantuan bagi masyarakat. Pesan berantai tersebut ramai dibagikan sejak beberapa waktu lalu.

Dalam pesan berantai disebutkan masyarakat akan dapat dana bantuan dari Kantor BPJS Pusat. Begini narasi pesan berantai itu:

"INFO BPJS

Anda Menerima Dana Bantuan Dari Kantor BPJS Pusat

Untuk Info Klik:Bit.ly/Bansos_BPJS"

Saat diklik tautan tersebut mengarah ke website https://danabantuan-bpjspusat2021.blogspot.com/. Di sana terdapat narasi sebagai berikut:

"Dirut BPJS Kesehatan Prof. Dr. Fahmi Idris, M. Kes menyampaikan bahwa pada Rapat Terbatas 16 maret lalu, telah diputuskan program pemberian BANTUAN BPJS KESEHATAN akan diganti dengan uang tunai 37 juta, yang akan di cairkan melalui bank indonesia. pemberitahuan melalui VIA SMS atau PESAN SINGKAT,

Uang ini dapat digunakan untuk dana kesehatan atau modal usaha."

Lalu benarkah pesan berantai yang berisi informasi BPJS Kesehatan sedang memberikan bantuan dana pada masyarakat yang diumumkan melalui SMS atau aplikasi percakapan? Simak dalam artikel berikut ini...

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.