Sukses

Cek Fakta: Hoaks Kabar Inul Daratista Meninggal Dunia pada 2 Januari 2022

Beredar kabar hoaks penyanyi dangdut Inul Daratista meninggal dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Kabar tentang penyanyi dangdut Inul Daratista meninggal dunia beredar di media sosial. Kabar tersebut disebarkan situs penahafiz.xyz pada 2 Januari 2022.

Situs tersebut memuat artikel berjudul "Berita Duka, SeIamat JaIan Untuk SeIamanya Inul Daratista, InnaIiIahi WainnaiIIaihirojiun Kabar Dukа MеnуеIіmutі ..."

Dalam artikel tersebut memuat foto mobil terguling akibat kecelakaan. Foto tersebut kemudian dikaitkan dengan kabar meninggalnya Inul Daratista.

Benarkah kabar penyanyi dangdut Inul Daratista meninggal dunia pada 2 Januari 2022? Berikut penelusurannya.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri kabar Inul Daratista meninggal dunia pada 2 Januari 2022. Penelusuran mula-mula dilakukan dengan mengunggah gambar mobil terguling di tengah jalan ke situs Google Images.

Hasilnya terdapat foto identik di artikel berjudul "Mobil Kecelakaan di Wijaya Jaksel Hingga Terbalik" yang dimuat situs detik.com pada 15 April 2018 lalu.

Berikut gambar tangkapan layarnya:

Gambar Tangkapan Layar Artikel dari Situs detik.com.

Jakarta - Mobil merk Subaru mengalami kecelakaan tunggal di kawasan Jalan Wijaya, Jakarta Selatan. Kecelakaan cukup parah hingga membuat mobil terbalik.

Berdasarkan informasi dari TMC Polda Metro Jaya, lokasi kecelakaan berada di dekat kampus Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian, Jalan Wijaya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. TMC Polda Metro Jaya melaporkan peristiwa terjadi sekitar pukul 06.40 WIB.

"06:40 Kecelakaan Subaru B 233 TET terbalik di dekat PTIK Jl. Wijaya Jaksel & sudah dalam penanganan Polri," demikian keterangan TMC Polda Metro Jaya melalui akun Twitter nya pagi ini, Minggu (15/4/2018).

Mobil terlihat terbalik dan miring menguasai satu jalur jalan. Saat kemudian sudah di balik, tampak bagian kiri mobil ringsek. Belum diketahui penyebab kecelakaan. Sampai saat ini juga belum ada laporan mengenai korban.

Penelusuran kemudian dilanjutkan dengan memasukkan kata kunci "inul daratita meninggal dunia" di kolom pencarian Google Search. Hasilnya tidak ditemukan informasi valid mengenai hal tersebut.

Penelusuran juga dilakukan dengan mengunjungi akun Instagram yang dikelola Inul Daratista, @inul.d. Akun Instagram @inul.d terpantau masih aktif mengunggah konten hingga hari ini, 6 Januari 2022. Berikut salah satu kontennya:

Gambar Tangkapan Layar Unggahan dari Akun Instagram @inul.d.

 

Referensi:

https://news.detik.com/berita/d-3971960/mobil-kecelakaan-di-wijaya-jaksel-hingga-terbalik

https://www.instagram.com/p/CYYBDggliNo/

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Kabar tentang penyanyi dangdut Inul Daratista meninggal dunia ternyata tidak benar alias hoaks. Tidak ada informasi valid mengenai hal tersebut.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.