Sukses

Deretan Foto Hoaks Sepekan: Rudal Buatan Indonesia hingga Ibu dan Anak Tertimbun Abu Vulkanik Gunung Semeru

Beberapa foto hoaks telah ditelusuri Cek Fakta Liputan6.com selama sepekan. Berikut rangkumannya.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah kabar hoaks masih beredar di media sosial selama sepekan terakhir. Beberapa di antaranya menyebar dalam bentuk foto.

Salah satunya foto yang diklaim rudal buatan Indonesia. Foto tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 8 Desember 2021.

Klaim foto rudal buatan Indonesia yang diunggah menampilkan sejumlah benda bulat panjang dibagian ujungnya berbentuk kerucut.

Foto tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Jarang terlihat Rudal Balistic buatan Indonesia ini. Para ahli

memperkirakan bhw Rudal ini memiliki jangkauan 1.000 km dan dpt

membawa 2 hulu ledak nuklir. Sudah cukup utk menakuti Cina. 😆😄😁😅"

Namun setelah ditelusuri, klaim foto rudal buatan Indonesia tidak benar. Foto tersebut merupakan paku bumi yang sedang diangkut oleh sebuah truk.

Selain foto yang diklaim rudal buatan Indonesia, terdapat foto hoaks lainnya yang telah ditelusuri selama sepekan. Berikut rangkumannya.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ibu dan Anak Tertimbun Abu Vulkanik Gunung Semeru

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim foto ibu dan anak ditemukan tertimbun abu vulkanik Gunung Semeru. Informasi tersebut dibagikan salah satu akun Facebook, pada 7 Desember 2021.

Klaim foto ibu dan anak tertimbun abu vulkanik Gunung Semeru berupa tangkapan layar yang menampilkan benda telihat seperti tubuh yang menyatu dengan tanah berpasir dan terdapat lingkaran merah pada salah satu bagiannya.

Dalam foto tersebut terdapat tulisan "Pilu! Jenazah Ibu dan Anak ini Ditemukan Berpelukan Tertimbun Abu Vulkanik".

Unggahan foto tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"https://youtu.be/g-o3G2BE_W4 ALFATEKAH semeru"

Setelah ditelusuri, foto yang diklaim ibu dan anak ditemukan tertimbun abu vulkanik Gunung Semeru tidak benar. Foto tersebut adalah korban letusan gunung Vesuivus pada 79 M, karya Tom Pfeiffer.

Baca selengkapnya di tautan berikut ini.

3 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.