Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Ini Foto Rudal Buatan Indonesia

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto rudal buatan Indonesia

Liputan6.com, Jakarta Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim foto rudal buatan Indonesia, foto tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 8 Desember 2021.

klaim foto rudal buatan Indonesia yang diunggah menampilkan sejumlah benda bulat panjang dibagian ujungnya berbentuk kerucut.

Foto tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Jarang terlihat Rudal Balistic buatan Indonesia ini. Para ahli

memperkirakan bhw Rudal ini memiliki jangkauan 1.000 km dan dpt

membawa 2 hulu ledak nuklir. Sudah cukup utk menakuti Cina. 😆😄😁😅"

Benarkah klaim foto rudal buatan Indonesia? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto rudal buatan Indonesia dengan menggunakan Yandex.

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto rudal buatan Indonesia

Penelusuran mengarah pada sejumlah situs salah satunya adalah video berjudul "Bring Monster MISSILES # teruus teruuus left LEFT Tol Pemalang - Batang" yang dimuat akun YouTube seputar Proyek, pada 26 Januari 2017.

Akun YouTube tersebut memuat video sejumlah kendaraan yang mengangku paku bumi, pada tayangan ke 1 menit 41 detik terlihat cuplikan video yang identik dengan klaim.

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Monster pembawa paku bumi ini seakan tak ada habisnya berjalan memasuki lokasi tol pemalang di Indonesia. Truk truk besar yang membawa misil sudah lama disiapkan untuk peluncuran. karena dalam pembagian jalur atau jalan yang di lewati truk monster tidak mengelak ditemukan keadaan becek berdebu pecah bahkan beberapa diantaranya ambruk rusak parah. Material paku bumi ini pada awalnya akan ditancapkan di lokasi di Kabupaten Pemalang Bodeh sebagai Pancang atau pondasi perkuatan tanah yang diteruskan ke atas berupa pilar Jalan TOL Girger.

Mari Sukseskan Jalan Tol Trans Jawa.Mengenai Saluran PROJECT ..."

 

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto rudal buatan Indonesia

 

Berikut kesamaan klaim foto dan video hasil penelusurannya:

 

Klaim foto

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto rudal buatan Indonesia

 

Hasil penelusuran

 

 

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto rudal buatan Indonesia

Adapun kesamaan antara klaim dan video hasil penelusuran adalah jumlah dan susunan paku bumi, tulisan "SBR" pada kendaraan pagar dan tiang pada sisi kanan dan kiri.

 

Penelusuran juga mengarah pada artikel berjudul "Cek Fakta: Ini Bukan Foto Truk Bermuatan Rudal, Simak Penelusurannya"  yang dimuat situs liputan6.com, pada 22 Februari 2021. Artikel tersebut mengulas foto benda yang sama dengan klaim.

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto rudal buatan Indonesia

Artikel Liputan6.com menyebutkan, truk itu membawa muatan paku bumi yang mengalami gangguan di jalan layang yang berada di Lenteng Agung, Jakarta Selatan, pada 6 Juli 2017.

 

 

 

 

Sumber:

https://www.youtube.com/watch?v=Q8fO-YRGsnI

 

 

 

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim foto rudal buatan Indonesia tidak benar.

Foto tersebut merupakan paku bumi yang sedang diangkut oleh truck,

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.