Deretan Foto Hoaks Sepekan: Anies Baswedan dalam Lubang Resapan Air hingga Biksu Tertua di Dunia Asal Tibet

Oleh Hanz Jimenez Salim pada 16 Des 2021, 15:00 WIB
Diperbarui 16 Des 2021, 15:00 WIB
banner Hoax
Perbesar
banner Hoax (Liputan6.com/Abdillah)

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah kabar hoaks masih beredar di media sosial selama sepekan terakhir. Beberapa di antaranya menyebar dalam bentuk foto.

Salah satunya foto yang diklaim Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan masuk lubang resapan air. Foto tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 7 Desember 2021.

Foto Anies Baswedan masuk lubang resapan air menampilkan Anies berada di dalam lubang dengan membawa pengeras suara.

Foto tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"UNTUK WARGA JAKARTOA, MUSIM HUJAN SUDAH DATANG, SIAPKAN TOA.. WASPADA.. WASPADA..!!!"

Namun setelah ditelusuri, foto Anies Baswedan masuk lubang resapan air tidak benar. Foto tersebut merupakan hasil editan dari dua foto yang berbeda lokasi dan waktu pengambilannya.

Selain foto yang diklaim Anies Baswedan masuk lubang resapan air, terdapat foto hoaks lainnya yang telah ditelusuri selama sepekan. Berikut rangkumannya.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 


Foto Seorang Pemilik Toko Habis Dagangannya karena Kasbon

Gambar Tangkapan Layar Foto yang Diklaim Pemilik Toko Habis Dagangannya karena Kasbon (sumber: Facebook).
Perbesar
Gambar Tangkapan Layar Foto yang Diklaim Pemilik Toko Habis Dagangannya karena Kasbon (sumber: Facebook).

Sebuah foto yang diklaim seorang pemilik toko habis dagangannya karena kasbon beredar di media sosial. Foto tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 6 Desember 2021.

Foto tersebut menampilkan seorang yang tengah berpose di dalam tokonya. Pada gambar sebelah kiri, tubuh pria tersebut terlihat berisi. Rak dagangannya pun penuh dengan barang yang dijual.

Sedangkan pada gambar sebelah kanan, si pria tersebut tampak lebih kurus. Barang dagangan di raknya pun sudah habis. Foto tersebut kemudian dikaitkan dengan seorang pemilik yang habis dagangannya karena kasbon.

"Stop jadi orang yang nggak enakkan..bapak ini membuka toko..semua teman, keluarga, tetangga belanja disana dengan cara kasbon. beberapa tahun kemudian hanya ini yang tersisa.kadang kita berfikir ingin membantu tapi kenyataannya tidak ada yang mengembalikannya dan kadang kebaikan kita hanya dimanfaatkan☺," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 21 ribu kali dibagikan dan mendapat 26 komentar warganet.

Setelah ditelusuri, foto yang diklaim seorang pemilik toko habis dagangannya karena kasbon ternyata tidak benar.

Faktanya, foto tersebut merupakan pedagang toko kelontong di Venezuela yang habis dagangannya karena imbas dari krisis ekonomi.

Baca selengkapnya di tautan berikut ini.

 


Foto Biksu Tertua di Dunia Asal Tibet

Gambar Tangkapan Layar Foto yang Diklaim Biksu Tertua Asal Tibet Berusia 396 Tahun (sumber: Facebook).
Perbesar
Gambar Tangkapan Layar Foto yang Diklaim Biksu Tertua Asal Tibet Berusia 396 Tahun (sumber: Facebook).

Sebuah foto yang diklaim seorang biksu tertua asal Tibet berusia 396 tahun beredar di media sosial. Foto tersebut disebarkan oleh salah satu akun Facebook pada 4 Desember 2021.

Dalam foto tersebut beberapa orang tengah memegang tubuh seorang biksu. Si biksu tampak terlihat kurus dan mengenakan pakaian berwarna kuning. Foto tersebut kemudian dikaitkan dengan seorang biksu tertua berusia 396 tahun asal Tibet.

"Seorang biksu tibet telah ditemukan dipegunungan nepal, ia dianggap sebagai manusia tertua didunia pada usia 396 tahun, ia ditemukan dalam keadaan kaku karena terlalu lama bermeditasi, ketika pertama kali ditemukan disebuah gua, para peneliti mengira dia adalah seorang mumi.

namun ketika para peneliti memeriksa apa yang mereka kira adalah mumi, mereka terkejut karena ada tanda² bahwa para biarawan itu masih hidup,diantara barang yang ditemukan, peneliti menemukan selembar kertas dengan tulisan kuno yang jika diterjemahkan berarti,,

berhentilah mempercayai segala hal aneh yang anda temukan dan anda baca difacebook.." tulis Salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 81 kali dibagikan dan mendapat 101 komentar warganet.

Setelah ditelusuri, foto yang diklaim seorang biksu tertua asal Tibet berusia 396 tahun ternyata tidak benar. Faktanya, foto tersebut merupakan jasad Luang Phor Pian, seorang biksu dari Kamboja. Luang Phor Pian meninggal dunia pada 16 November 2017 pada usia 92 tahun.

Baca selengkapnya di tautan berikut ini.


Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya