Sukses

Cek Fakta: Hoaks Singapore Airlines Bagikan Uang Rp 2 Juta Dalam Rangka Ultah ke-50

Beredar melalui media sosial dan aplikasi percakapan pesan berantai yang mengklaim Singapore Airlines membagikan hadiah uang Rp 2 juta dalam rangka ulang tahun ke-50.

Liputan6.com, Jakarta - Beredar melalui media sosial dan aplikasi percakapan pesan berantai yang mengklaim Singapore Airlines membagikan hadiah uang Rp 2 juta dalam rangka ulang tahun ke-50. Pesan berantai itu ramai dibagikan sejak beberapa waktu lalu.

Dalam pesan berantai yang beredar terdapat link yang mengarah ke website tertentu. Saat diklik website itu berisi narasi sebagai berikut:

"Congratulations!Singapore Airlines 50th anniversary celebration! Through the questionnaire, you will have a chance to get 2000000 Rupiah "

atau dalam Bahasa Indonesia

"Selamat!Perayaan ulang tahun ke-50 Singapore Airlines! Melalui kuisioner, Anda berkesempatan mendapatkan 2000000 Rupiah"

Lalu benarkah pesan berantai yang mengklaim Singapore Airlines membagikan hadiah uang Rp 2 juta dalam rangka ulang tahun ke-50?

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dengan mengunjungi laman resmi Singapore Airlines, Singaporeair.com. Dalam website tersebut kami tidak menemukan program membagikan hadiah uang seperti yang dimaksud dalam pesan berantai.

Selain itu dalam websitenya, Singapore Airlines menjelaskan bahwa mereka berdiri pada 1 Mei 1947. Itu artinya saat ini mereka sudah berusia 74 tahun atau berbeda dengan yang beredar di pesan berantai.

Selain itu dalam akun media sosial resmi Singapore Airlines juga tidak ada program yang dimaksud. Singapore Airlines justru meminta masyarakat waspada terhadap tautan mencurigakan yang mencatut nama maskapai asal Singapura tersebut.

"This fraudulent research survey is designed to trick SIA customers into giving their personal and credit card information. If a recipient clicks on “Claim my reward now, take the survey”, user will be redirected to a non-SIA website that is designed to trick the recipients into filling in credit card information.

The emails come with different subjects as listed down below:

'Participate in this quick survey and redeem your gift instantly' OR

'Take the survey, tell us what you think and be the Winner' OR

'Finish this quick survey and redeem your gift instantly'.

Please note that the fradulent links in the email message may be different for each recipient. When you receive this email or messages, notify us immediately at the following link and delete the email."

atau dalam Bahasa Indonesia

"Survei penelitian penipuan ini dirancang untuk mengelabui pelanggan Singapore Airlines agar memberikan informasi pribadi dan kartu kredit mereka. Jika penerima mengklik "Klaim hadiah saya sekarang, ikuti survei", pengguna akan diarahkan ke situs web non-SIA yang dirancang untuk menipu penerima untuk mengisi informasi kartu kredit.

Email datang dengan subjek yang berbeda seperti yang tercantum di bawah ini:

'Ikuti survei singkat ini dan tukarkan hadiah Anda secara instan' atau

'Ikuti survei, beri tahu kami pendapat Anda dan jadilah Pemenang'

atau'Selesaikan survei singkat ini dan tukarkan hadiah Anda secara instan'.

Harap dicatat bahwa tautan palsu dalam pesan email mungkin berbeda untuk setiap penerima. Saat Anda menerima email atau pesan ini, segera beri tahu kami di tautan berikut dan hapus email tersebut."

Sumber:

https://www.singaporeair.com/en_UK/security/

https://www.singaporeair.com/en_UK/sg/flying-withus/our-story/our-heritage/#time-1949

https://www.straitstimes.com/singapore/courts-crime/singapore-airlines-warns-of-phishing-scam-promising-free-plane-tickets

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Pesan berantai yang mengklaim Singapore Airlines membagikan hadiah uang Rp 2 juta dalam rangka ulang tahun ke-50 adalah hoaks.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.