Sukses

Literasi Digital Penting untuk Melawan Penyebaran Hoaks

Melansir Bangkok Post, ilmuwan menjelaskan bahwa literasi digital harus terus dikembangkan terutama literasi media agar masyarakat dapat mengatasi penyebaran hoaks.

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan teknologi seperti Facebook telah menghadirkan sistem untuk menangani hoaks dan informasi palsu. Namun masyarakat tetap harus memahami pentingnya literasi digital.

Melansir Bangkok Post, ilmuwan menjelaskan bahwa literasi digital harus terus dikembangkan terutama literasi media agar masyarakat dapat mengatasi penyebaran hoaks.

"Tentu saya prihatin melihat banyaknya hoaks di media sosial," ujar Associate Profesor, Jessada Denduangboripant, dosen Fakultas Sains Universitas Chulalongkorn.

"Di dalam media sosial seperti Facebook, orang akan cenderung percaya apa yang mereka lihat, padahal bisa saja konten itu bermasalah. Lalu bagaimana caranya agar mereka tahu konten itu benar jika mereka terbiasa melihatnya," ujarnya menambahkan.

Tanapon Raomanachai salah satu pengajar dari Google News Initiative, menjelaskan meskipun telah ada perusahaan teknologi yang akan menjalankan tanggung jawab mencegah hoaks, pengguna publik juga harus memiliki literasi digital.

"Sebelum bergabung dengan Google, saya adalah seorang jurnalis selama 10 tahun. Sejujurnya, perusahaan teknologi tidak dapat bekerja sendiri mengatasi hoaks ini hingga orang-orang bisa mengembangkan pemikiran kritis sendiri," ujar Tanapon.

(Penulis: Azarine Jovita Halim)

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.