Sukses

Cek Fakta: Viral Lagi, Hoaks Kabar Dua WN Malaysia Menculik dan Mengambil Organ Tubuh Anak-anak

Beredar kabar hoaks dua WN Malaysia menculik dan mengambil organ tubuh anak-anak.

Liputan6.com, Jakarta - Kabar tentang dua orang warga negara (WN) Malaysia menculik dan mengambil organ tubuh anak-anak beredar di media sosial. Kabar tersebut disebarkan oleh salah satu akun Facebook pada 24 November 2021.

Akun Facebook tersebut mengunggah gambar tangkapan layar foto pria dan wanita yang diklaim sebagai pelaku penculikan anak.

Terdapat juga gambar selebaran tentang waspada penculikan anak yang diklaim dari Polda Jawa Barat. Kemudian ditambahkan narasi sebagai berikut:

"Tolong di ser seluruh insonesia mulai Sulawesi, Jo Jakarta, Palembang, Pekan baru Riau, Batam, Medan, padang, kota Sidempuan, panyabungan Sumatra Utara Mandailing Natal, Tarutung, sibolga, sipirok, sampai daerah toba Samosir, tolong kita saling jaga anak kita semua, mulai umur 1801 tahun, dan kirim kesemua grop, teman, dan buklik ya mau pun isragam, ini laporan dari PBB

Ini 2orang di bawah kabarnya orang malaysia yg culik anak buat di ambil organ tubuhnya

katanya 2 orang ini sudah masuk ke Indonesia.. jadi yg punya anak kecil hati2 buat jaga anak2nya"

"Hati-hati ya," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 18 ribu kali dibagikan dan mendapat 301 komentar warganet.

Benarkah ada dua orang warga negara (WN) Malaysia menculik dan mengambil organ tubuh anak-anak? Berikut penelusurannya.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri kabar dua orang warga negara (WN) Malaysia menculik dan mengambil organ tubuh anak-anak. Penelusuran dilakukan dengan memasukkan kata kunci "penculikan anak polda jawa barat" di kolom pencarian Google Search.

Hasilnya terdapat beberapa artikel yang membantah kabar tersebut. Satu di antaranya artikel berjudul "Viral Penculik Anak Bergentayangan, Polisi: Hoax" yang dimuat situs jatimnow.com pada 4 September 2015 lalu.

Gambar Tangkapan Layar Artikel dari Situs jatimnow.com.

jatimnow.com - Dalam dua hari terakhir, kembali muncul isu penculik anak bergentayangan mencari mangsa. Foto sepasang pria dan wanita yang dituduh sebagai penculik dan poster pengumuman dari kepolisian, viral setelah menghiasi sejumlah dinding grup media sosial facebook (FB).

Dari penelusuran jatimnow.com di FB, poster pengumunan itu berlogo Binmas dan Polda Jawa Barat, dengan isi:

'Waspada ada penculik anak-anak yang berumur 1-12 tahun. Bapak-bapak ibu-ibu harus menjaga anak kita dengan hati-hati. Penculik sedang ada dalam kampung-kampung dan dia menyamar sebagai penjual, om tolelot, orang gila, ibu hamil, pengemis, dll. Tolong disebarkan terima kasih.'

Dalam sejumlah unggahan di beberapa grup FB, poster pengumuman itu dirangkai jadi satu dengan capture pesan (chat) menampilkan foto seorang pria dan wanita. Foto itu diberi keterangan:'Ini 2 orang di bawah.. Kabarnya orang malaysia yg culik anak buat di ambil organ tubuhnya.. Katanya 2 orang ini sudah masuk ke indonesia.. Jadi yang punya anak kecil hati2 buat jaga anak2 nya.'

Menanggapi viralnya informasi tersebut, Kasatreskrim Polrestabes Surabaya, AKBP Sudamiran memastikan bahwa info yang tersebar di medsos (media sosial) tentang penculik anak itu, tidak benar. "Informasi itu tidak benar. Itu hoax," tegasnya, Selasa (4/9/2018).

Sudamiran juga meminta masyarakat agar tidak mudah percaya dan menelan begitu semua informasi yang muncul di medsos.

Sebab dunia medsos perlu disaring agar masyarakat tidak terjebak dalam informasi-informasi yang tidak akurat. Jika penasaran dengan informasi di medsos, masyarakat bisa menanyakan ke semua pihak yang terkait.

"Misalnya soal isu penculik ini. Kalau masyarakat penasaran, harusnya tanya dulu ke kepolisian terdekat. Jadi bisa mendapat informasi akurat. Sehingga masyarakat tidak ikut menyebar informasi yang justru belum jelas kebenarannya," pungkas Sudamiran.

 

Referensi:

https://jatimnow.com/baca-6418-viral-penculik-anak-bergentayangan-polisi-hoax

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Kabar dua orang WN Malaysia menculik dan mengambil organ tubuh anak-anak ternyata hoaks. Faktanya, foto dan kabar tersebut sempat viral pada 2015 dan dibantah oleh pihak kepolisian.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.