Sukses

Hoaks Kelangkaan BBM Muncul saat Kebakaran di Area Kilang Pertamina, Simak Daftarnya

Berikut kumpulan hoaks kelangkaan BBM saat terjadi kebakaran di area kilang Pertamina

Liputan6.com, Jakarta- Hoaks kelangkaan BBM selalu meliputi saat terjadi peristiwa Kebakaran di area kilang PT Pertamina (Persero), informasi bohong tersebut disajikan dengan bergam bentuk sehingga dapat menyesatkan penerimanya.

Setelah melakukan penelusuran, Cek Fakta Liputan6.com telah membuktikan sejumlah hoaks seputar kelangkaan BBM saat kebakaran di area kilang Pertamina.

Berikut kumpulan hoaks kelangkaan BBM saat terjadi kebakaran di area kilang Pertamina:

1. Minyak akan Langka Akibat Kebakaran Kilang Cilacap

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim akan terjadi kelangkaan minyak akibat kebakaran Kilang Cilacap. Informasi tersebut diunggah sebuah akun Twitter, pada 13 November 2021.

Unggahan tersebut berupa tangkapan layar artikel berjudul "Kilang Pertamina Cilacap Terbakar" yang dimuat situs Kompas.com, pada 13 November 2021.

Unggahan tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Siap-siap kemungkinan besar akan terjadi kelangkaan minyak, pasca terbakarnya tangki kilang minyak di Cilacap❗⚠️"

Benarkah klaim akan terjadi kelangkaan minyak akibat kebakaran Kilang Cilacap? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com berikut ini.

 Pasokan BBM Akan Langka Akibat Kilang Balongan Meledak

Cek Fakta Liputan6.com mendapati informasi Bahan Bakar Minyak (BBM) akan langka akibat Kilang Balongan meledak, informasi tersebut beredar di jejaring sosial WhatsApp.

2. Berikut informasi BBM akan langka akibat Kilang Balongan meledak:

 

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim BBM akan langka akibat meledaknya Kilang Balongan

Benarkah informasi BBM akan langka akibat Kilang Balongan meledak? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com di sini

 

3.  Segera Isi BBM karena Akan Langka Akibat Kilang Balongan Kebakaran

 Cek Fakta Liputan6.com mendapati informasi untuk segera isi BBM karena akan langka akibat Kilang Balongan kebakaran, informasi ini diunggah akun Facebook Along Ulinnuha pada 29 Maret 2021.

Unggahan informasi untuk segera isi BBM karena akan langka akibat Kilang Balongan kebakaran berupa tautan artikel berjudul "Suplai BBM Jabodetabek Langka Efek Kilang Minyak Pertamina Balongan Terbakar? Ini Jawaban Pertamina" yang dimuat situs motorplus-online.com.

Unggahan tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"BURUAN ISI BENSIN TAKUT LANGKA. KILANG MINYAK BALONGAN TERBAKAR HEBAT. KILANG INI SEBAGAI SUPLAI UTAMA BBM KE JABODETABEKBBM DIKIRIM LEWAT PIPA KE PLUMPANG KEMUDIAN DISALURKAN.JAWABAN PERTAMINA BISA KLIK ARTIKEL DI BAWAH".

Benarkah informasi segera isi BBM karena akan langka akibat Kilang Balongan kebakaran? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com di sini

 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.