Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar dalam Foto Ini AHY dan Keluarga Berwisata Saat SBY Berobat ke Amerika Serikat

Beredar kabar AHY dan keluarga berlibur ke Amerika Serikat bersamaan dengan pengobatan yang dilakukan SBY. Benarkah?

Liputan6.com, Jakarta - Kabar tentang keluarga Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) berwisata saat Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berobat ke Amerika Serikat beredar di media sosial. Kabar tersebut disebarkan oleh salah satu akun Facebook pada 5 November 2021.

Akun Facebook tersebut mengunggah foto AHY bersama istri Annisa Pohan dan putrinya. Mereka terlihat tengah berpose di atas sebuah bangunan tinggi dengan latar belakang gedung pencakar langit.

Foto tersebut kemudian dikaitkan dengan kegiatan liburan AHY dan keluarga di Amerika Serikat bersamaan dengan pengobatan yang dilakukan SBY.

"Mau nanya ... apa benar info ini yg katanya SBY berobat ke Amerika bawa 26 orang ?Kalo bener, .... itu liburan keluarga apa berobat ?" tulis akun Facebook tersebut.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 5 kali dibagikan dan mendapat 53 komentar warganet.

Benarkah AHY dan keluarga berlibur ke Amerika Serikat bersamaan dengan pengobatan yang dilakukan SBY? berikut penelusurannya.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri kabar tentang AHY dan keluarga berlibur ke Amerika Serikat bersamaan dengan pengobatan yang dilakukan SBY. Penelusuran dilakukan dengan mengunggah foto tersebut ke situs Google Images.

Hasilnya terdapat beberapa artikel yang membantah kabar tersebut. Satu di antaranya artikel berjudul "Viral AHY Disebut Wisata di AS Saat Temani SBY Berobat, PD: Hoax!" yang dimuat situs detik.com pada 6 November 2021.

Jakarta - Viral di media sosial foto lama Ketua Umum Partai Demokrat (Ketum PD) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) bersama istri dan putrinya di Amerika Serikat (AS) yang dinarasikan tengah berwisata saat menemani sang ayah, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berobat. PD pun membantah dan menyebut unggahan itu hoax dan fitnah.

Dalam unggahan di Twitter menunjukkan foto AHY bersama istri, Annisa Pohan dan putrinya, Aira berfoto di balkon sebuah gedung dengan latar belakang gedung-gedung tinggi. Caption dalam postingan itu menyebut AHY sedang berwisata di AS dan dibiayai negara.

"Ini bukan contoh yg baik bagi kita. Kita rakyat se Indonesia mendoakan Bapak mantan yg sedang mengidap cancer prostat berobat ke Amerika, yg ini ikut rombongan, bukannya prihatin la kok malah di manfaatkan utk berwisata sambil selfie-selfiean. Mentang2 di beayai negara," cuit akun Twitter @nila_m**, seperti dilihat detikcom, Jumat (5/11/2021).

Juru Bicara Partai Demokrat, Herzaky Mahendra menegaskan bahwa unggahan tersebut adalah hoax. Dia mengatakan bahwa foto AHY dan keluarganya itu diambil beberapa tahun yang lalu.

"Itu jelas hoax, foto lama banget, lebih dari tiga tahun lalu. Karena Aira masih kecil banget. Sekarang Aira sudah beda tipis tingginya dengan Mbak Annisa," kata Herzaky saat dihubungi.

Herzaky mengatakan bahwa foto tersebut pernah diposting oleh Annisa Pohan di akun instagramnya. Foto itu diposting pada tahun 2018.

"Foto ini diposting 31 Maret 2018," kata dia.

Herzaky pun menyoroti profil akun yang mencuit postingan tersebut. Dia menyebut akun tersebut mengaku NKRI akan tetapi menyebar fitnah.

"Mengaku netizen NKRI, tapi menyebar fitnah terhadap keluarga Presiden ke-6 Republik Indonesia yang sedang mengidap kanker. Sangat tidak punya empati dan tidak punya moral," kata dia.

Herzaky mengatakan saat ini Partai Demokrat fokus kepada pengobatan SBY. Dia juga mengucapkan terima kasih kepada pihak yang telah memberikan doa untuk kesembuhan SBY.

"Kami sementara fokus dengan pengobatan Bapak SBY dulu. Ini yang menjadi prioritas utama keluarga. Terima kasih untuk masyarakat Indonesia yang tulus mendoakan kesembuhan Bapak," sebut Herzaky.

Liputan6.com juga menemukan foto serupa yang diunggah akun Instagram yang dikelola Annisa Pohan, @annisayudhoyono pada 31 Maret 2018 lalu.

Berikut gambar tangkapan layarnya:

Gambar Tangkapan Layar Unggahan dari Akun Instagram @annisayudhoyono.

"Di sela-sela jadwalnya yang hectic , si Papap alias papy Aira alias mas Agus alias suamiku meluangkan waktu (walau kilat) untuk bikin happy anak dan istrinya. Kami baru saja sampai Jakarta sore ini , eh mas Agus langsung terbang malam ini ke Jawa Timur (sembari Packing baju untuk seminggu di Bandara karena tidak sempat pulang ke rumah).

Safe flight Pap! Cepat kembali dengan sehat!Yaaaah...ditinggal lagi deh...(bukan) Bang Toyib eh Bang Agus jarang di rumah...ga pulang-pulang...hehehhehe

Siapa yang lagi ditinggal dinas atau tugas suami juga?" tulis akun Instagram @annisayudhoyono.

 

Referensi:

https://news.detik.com/berita/d-5799347/viral-ahy-disebut-wisata-di-as-saat-temani-sby-berobat-pd-hoax

https://www.instagram.com/p/Bg_MuUSnIsy/

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Kabar tentang AHY dan keluarga berlibur ke Amerika Serikat bersamaan dengan pengobatan yang dilakukan SBY ternyata tidak benar. Faktanya, foto tersebut tak terkait dengan klaim tersebut. Foto AHY dan keluarga yang terlihat berlibur itu beredar pada 2018 lalu, jauh sebelum kabar SBY berobat ke Amerika Serikat.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.