Sukses

Penipuan Lowongan Kerja di Perusahaan BUMN Makin Marak, Simak Daftar Hoaksnya

Berikut hoaks terkini lowongan kerja perusahaan BUMN

Liputan6.com, Jakarta- Informasi seputar lowongan kerja di perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tentu menarik untuk diikuti, namun belakangan ini muncul kabar bohong yang bermodus penipuan.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah menelusuri sejumlah informasi lowongan kerja pada sejumlah perusahaan BUMN, hasilnya sebagian informasi tersebut terbukti hoaks.

Berikut hoaks terkini lowongan kerja perusahaan BUMN:

1. Lowongan Kerja PT KAI pada November 2021

Beredar di media sosial dan aplikasi percakapan postingan terkait lowongan yang dibuka oleh PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) pada November 2021 ini. Postingan ini ramai dibagikan sejak beberapa waktu lalu.

Salah satu akun yang mengunggahnya berada di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 3 November 2021.

Dalam postingannya terdapat narasi sebagai berikut:

Hai hai 🤗 ada kabar baik nih untuk kakak - kakak alumni yang masih belum bekerja ada lowongan pekerjaan nih di PT Kereta Api Indonesia (Persero).PT Kereta Api Indonesia merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Indonesia yang menyelenggarakan jasa angkutan perkeretaapian dan bisnis usaha penunjang lainnya dengan mengutamakan Nilai AKHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, Kolaboratif) memberikan kesempatan kepada putra dan putri terbaik Bangsa Indonesia untuk bergabung dan berkarir di PT Kereta Api Indonesia (Persero) dalam rangka pemenuhan kebutuhan pekerja di lingkungan PT Kereta Api Indonesia (Persero), dengan Posis sbb :

1.Masinis

2.Kondektur

3.Pengatur Perjalanan Kereta Api (PPKA)

4.Petugas Langsir (PLR)/Petugas Rumah Sinyal (PRS)

5.Petugas Negative Check Listrik Aliran Atas (PNC LAA)

6.Petugas Negative Check Sintelis (PNC SINTELIS)

7.Operator KPJR

8.Teknisi Workshop Depo Mekanik JJ

9.Satker Teknisi Jalan Rel dan Jembatan

10.Administrasi

11.Staff Pelayanan

12.Pramugari/Pramugara Kereta

13.Teknisi Pemeliharaan Sarana

=> Kriteria Pelamar

1.Warga Negara Indonesia (WNI)

2.Jenis Kelamin Pria/Wanita

3.Sehat jasmani/rohani

4.Memiliki ijazah SLTA (SMK/MA/SMK/MAK) dengan Nilai Ujian Akhir Nasional (UAN) rata-rata minimal 7,0 (tujuh koma nol)Ijazah D3,S1 (ipk 2.5)

=> Kelengkapan Dokumen

1.Surat Lamaran & CV

2.Fotokopy KTP & pass foto 3x4 (warna)

3.Ijazah TerakhirSilahkan kirimkan lamaran ke E-Mail recruitmentptkai@dr.com (SUBJECT : NAMA LENGKAP/NO.HP AKTIF/E-MAIL)

Batas lamaran sampai 30 November 2021"

Lalu benarkah PT KAI sedang membuka lowongan pekerjaan pada November 2021 ini? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com di sini.

2. Surat Pemanggilan Seleksi Calon Karyawan Pertamina Bina Medika

Cek Fakta Liputan6.com mendapati surat pemanggilan seleksi calon karyawan PT Pertamina Bina Medika 14 Oktober 2021, beredar di tengah masyarakat.

Surat pemanggilan seleksi calon karyawan PT Pertamina Bina Medika 14 Oktober 2021 memuat waktu seleksi tes kemampuan dasar calon karyawan dan jadwal kegiatan

Surat tersebut juga memuat 30 nama calon karyawan dan ketentuan syarat ketentuan mengikuti seleksi, salah satunya mengirimkan registrasi data diri ke pihak agen travel.

Benarkah surat pemanggilan seleksi calon karyawan PT Pertamina Bina Medika 14 Oktober 2021? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com berikut ini.

 

3. Akun Instagram Rekrutmen Karyawan Hutama Karya

 Muncul akun Instagram rekrutmen karyawan PT Hutama Karya @recruitment.hutamakarya, informasi yang dimuat akun tersebut seputar lowongan kerja pada perusahaan BUMN Karya tersebut.

Selain lowongan kerja, akun tersebut juga memuat informasi aksi korporasi seperti proyek jalan tol dan kegiatan kewajiban sosial.

Benarkah akun Instagram rekrutmen karyawan PT Hutama Karya @recruitment.hutamakarya? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com di sini.

 

4. Informasi Lowongan Kerja PT INTI 

Cek Fakta Liputan6.com mendapati informasi lowongan kerja PT INTI (Persero) dari  akun Instagram @ptinticareer.official beredar di tengah masyarakat

Akun Instagram @ptinticareer.official memuat informasi tentang perusahaan PT INTI (Persero). termasuk lowongan kerja.

Informasi lowongan kerja PT INTI (Persero) dari akun Instagram @ptinticareer.official? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com berikut ini.

 

5. Surat Pemanggilan Tes Calon Karyawan PT Jasa Raharja

Cek Fakta Liputan6.com mendapati surat pemanggilan tes calon karyawan PT Jasa Raharja, surat tersebut beredar di tengan masyarakat.

Surat pemanggilan tes calon karyawan PT Jasa Raharja tersebut berisi waktu dan tempat tes, daftar nama calon peserta tes. Selain itu peserta juga wajib melakukan konfirmasi kehadiran ke HRD, seperti berikut:

"KETERANGAN:

ï‚· Peserta wajib untuk melakukan sms konfirmasi kehadiran ke HRD.Dengan Format sms: (JASARAHARJA#NAMA#NO.TES# PROVINSI#HADIR/TIDAK).

ï‚· Peserta wajib melakukan Pemesanan Ticket ke staff hrd.

ï‚· Peserta di perbolehkan memilih salah satu keluarga untuk pendamping. Dan tetap di fasilitasi pihak perusahaan.

HRD Nama : R.A. Wulandari Esti Rizkiwati Kontak Person : 082332375553(Sms)

STAFF HRD Nama : Muh YusufKontak Person : 085321323131 (Call/WhatsAap)."

Benarkah surat pemanggilan tes calon karyawan PT Jasa Raharja? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com berikut ini.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.