Sukses

Ragam Hoaks Seputar Buah Pisang, Cegah Covid-19 Hingga Jadi Bahan Baku Dolar AS

Hoaks terkait makanan dan minuman banyak tersebar di masyarakat, tak terkecuali pada buah pisang.

Liputan6.com, Jakarta - Hoaks terkait makanan dan minuman banyak tersebar di masyarakat, tak terkecuali pada buah pisang. Hoaks ini beredar di media sosial maupun aplikasi percakapan.

Lalu apa saja hoaks seputar buah pisang? Berikut beberapa di antaranya:

1. Cek Fakta: Tidak Benar Mengonsumsi Pisang Bisa Mencegah Virus Corona Covid-19

Beredar di aplikasi percakapan pesan berantai dalam bentuk video yang menyebut bahwa pisang bisa mencegah virus corona covid-19. Pesan berantai itu ramai dibagikan sejak tengah pekan ini.

Dalam video yang beredar berdurasi 1 menit, 2 detik. Dalam video terdapat video cuplikan berita terkait peneliti yang sedang mengembangkan vaksin virus corona covid-19.

Namun sepanjang video terdapat narasi "Pisang Penangkal Corona, Ayo Makan Pisang".

Selain itu terdapat juga narasi "memakan satu pisang setiap hari bisa menyingkirkan virus corona."

Lalu benarkah mengonsumsi pisang bisa mencegah virus corona covid-19? Simak dalam artikel berikut ini...

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hoaks Lainnya

2. Cek Fakta: Benarkah Bahan Baku Dolar AS Berasal dari Pohon Pisang di Indonesia?

Cek Fakta Liputan6.com menemukan sebuah postingan beripa foto pohon pisang. Namun di foto tersebut disebutkan kalau daun pisang itu merupakan bahan baku untuk membuat uang kertas dolar Amerika Serikat (AS).

Adalah Facebook atas nama Profesor Jenius yang mengunggah foto pohong pisang Indonesia menjadi bahan baku dolar AS. Begini narasi yang ada di unggahan fotonya:

"Tahukah kamu? Ternyata bahan baku uang Dollar AS adalah pohon pisang yang berasal dari Indonesia".

Dia mengunggah gambar itu di Facebook pada 20 Oktober 2020. Bahasan serupa juga ditemukan di akun Facebook atas nama Zoe Byth dan Muhammad Ajay.

Lalu, benarkah bahan baku dolar AS adalah pohon pisang yang berasal dari Indonesia? Simak dalam artikel berikut ini...

3. Cek Fakta: Hoaks Video Pisang Berisi Cacing Yang Bisa Bunuh Manusia Dalam 12 Jam

Beredar di media sosial dan aplikasi percakapan video yang menyebut ada cacing di dalam buah pisang yang bisa membunuh manusia dalam 12 jam. Video ini banyak disebarkan sejak tengah pekan kemarin.

Salah satu akun yang mengunggahnya berada di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 5 November 2021.

Dalam postingannya terdapat video seseorang sedang mengupas buah pisang dan terdapat seperti cacing di dalamnya. Video berdurasi 1,5 menit itu juga diberikan narasi:

"Sementara jgn makan dulu pisang ini, ada cacing helicopter dpt membunuh dalam 12 jam. Pisang ini di import dari Philipina"

Lalu benarkah video yang menyebut ada cacing di dalam buah pisang yang bisa membunuh dalam manusia dalam 12 jam? Simak dalam artikel berikut ini...

3 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.