Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Yenny Wahid Rayakan Halloween dengan Berkostum Ala Maleficent

Beredar kabar Yenny Wahid merayakan Halloween dengan mengenakan kostum ala maleficent. Benarkah?

Liputan6.com, Jakarta - Kabar tentang putri Presiden ke-4 RI, Abdurrahman Wahid, Yenny Wahid merayakan Halloween dengan mengenakan kostum ala maleficent beredar di media sosial. Kabar tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 1 November 2021

Akun Facebook tersebut mengunggah gambar Yenny Wahid yang tengah mengenakan kostum ala melficent. Foto tersebut kemudian dikaitkan dengan kabar Yenny Wahid sedang merayakan Halloween.

"Hallowen itu bukan budaya kita, jadi tidak perlu ikut2an..yg ikut-ikutan latah aja,biar apah coba," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 15 kali direspons dan mendapat 15 komentar warganet.

Benarkah Yenny Wahid merayakan Halloween dengan mengenakan kostum ala maleficent? Berikut penelusurannya.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri kabar tentang Yenny Wahid merayakan Halloween dengan mengenakan kostum ala maleficent. Penelusuran dilakukan dengan memasukkan kata kunci "yenny wahid maleficent" di kolom pencarian Google Search.

Hasilnya terdapat beberapa artikel yang menjelaskan soal penampilan Yenny Wahid yang mengenakan kostum maleficent. Satu di antaranya artikel berjudul "Penampilan Yenny Wahid Berkostum Ala Maleficent Saat Rayakan Ulang Tahun" yang dimuat situs Liputan6.com pada 31 Oktober 2021.

Liputan6.com, Jakarta - Yenny Wahid genap berusia 47 tahun pada 29 Oktober 2021 lalu. Perempuan bernama lengkap Zannuba Ariffah Chafsoh merayakannya secara sederhana bersama anak, keluarga, dan keluarga besar Peace Village.

Acara berlangsung di Yogyakarta dengan pemotongan tumpeng. Putri almarhum Presiden Abdurrahman Wahid dan Shinta Nuriyah itu, tampak sumringah.

Ia memberi potongan tumpeng pertama itu kepada suaminya Dhohir Farisi. Usai menyuapi, Dhohir lalu menempelkan pipi kanan dan kirinya pada istrinya itu.

"Birthday Party," tulis Yenny sebagai keterangan video singkat. "Terima Kasih Suamiku tercinta, Anak - Anakku sayang, keluarga, keluarga besar Peace Village yang sudah ikut berpartisipasi menghibur hari ini, Teman - teman saya semua yang sudah mengucapkan dan mendoakan," lanjut Yenny.

Dalam unggahan itu, Yenny meminta maaf karena belum membalas ucapan-ucapan ulang tahunnya. "Terima kasih semuanya, sehat selalu buat kita. ♥️♥️," kata Yenny.

Dalam unggahan itu sejumlah warganet ikut mengucapkan selamat kepada Yenny. Mereka mendoakan Yenny selalu sehat dan panjang umur.

Hal menarik dari acara ulang tahun tersebut adalah kostum yang dikenakan Yenny Wahid dan anak-anaknya. Ia mengenakan kostum ala Maleficent, tokoh yang memiliki tanduk, dalam film bergenre fantasi dan petualangan produksi Disney.

"Maleficent PPKM dan syar'i.... Pakai kerudung dan agak empuk sedikit akibat makan terus selama pandemi.. 🤣😇," tulis Yenny, dalam unggahan yang lain.

Yenny bercerita tentang sedikit keriaan dari acara ulang tahun yang digagas oleh suami berdasarkan rengekan anak-anaknya yang menginginkan pesta kostum. "Ternyata yang dewasa malah lebih menikmati," imbuh Yenny.

Yenny menjelaskan, mereka yang hadir dalam acara sebagian besar adalah keluarga besar Peace Village serta beberapa kawan dan sahabat yang biasa mampir ke tempatnya.

"Mereka kaget karena begitu datang langsung didandani dengan kostum2 keren yang disediakan oleh teman-teman dari Sanggar Seni Gubuk asuhan mas Karyadi, Jogja. Mohon maaf kalau ada yang merasa tak terundang, karena kami memang tidak mengundang siapa2..🙏🏽," kata Yenny.

Menurut Yenny, semua kostum yang dikenakan mereka yang hadir keren-keren. Ada Cleopatra, Harry Potter, Dracula, Cat Girl, serta berbagai tokoh pewayangan dan putri raja.

"Semua keren sih menurut saya Yang paling gak modal hanya mas Faris, karena cuma pake sarung, kemeja dan sorban. 😄😄😄," kata Yenny tersenyum.

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Kabar tentang Yenny Wahid merayakan Halloween dengan mengenakan kostum ala maleficent ternyata tidak benar. Faktanya, kostum malficent yang dipakai Yenny Wahid bukan untuk merayakan Halloween, melainkan merayakan hari ulang tahunnya pada 29 Oktober 2021 lalu.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.