Sukses

Simak Aksi Jurnalis Hungaria Berantas Hoaks

Jurnalis asal Hungaria mengikuti pelatihan fact-checking untuk menangkal propaganda dan misinformasi

Liputan6.com, Jakarta- Para jurnalis asal Hungaria, mengikuti pelatihan fact-checking untuk menangkal propaganda dan misinformasi, salah satu negara di Eropa yang tidak memiliki organisasi untuk melawan hoaks.

Pelatihan tersebut merupakan proyek yang didanai bersama oleh European Commission(EU). EU juga memilih sebuah organisasi berita global, Agence France-Presse (AFP), untuk melatih para jurnalis Hungaria selama 15 bulan dan akan dimulai dari 1 November 2021.

“Proyek yang didanai bersama oleh European Commission ini merupakan sebuah pengakuan baru terhadap kualitas AFP di bidang verifikasi digital di dunia global,” ucap direktur BeritaGlobal AFP, Phil Chetwynd, melansir Jpost.com, Kamis (28/10/2021).

Ia menambahkan, “Kami bangga dapat ikut berpartisipasi dalam inisiatif inovatif ini untuk membantu melawan disinformasi di Eropa, tantangan besar bagi demokrasi kami.”

Hingga saat ini, Hungaria membiarkan masyarakat mendapat gambaran tentang dunia yang terdistorsi akibat tidak memiliki satupun organisasi yang melawan disinformasi.

Tak hanya AFP, program ini juga akan berkolaborasi dengan situs berita independen yang memenangkan penghargaan, seperti situs berita “444.hu” asal Budapest dan Media Universalis Foundation, yayasan universitas Hungaria yang terhubung dengan UniversitasLorand Eotvos berbasis di Budapest.

Amadea Claritta - Universitas Multimedia Nusantara

 

 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.