Cek Fakta: Tidak Benar Kucing dalam Foto Ini Berumur 30 Tahun

Oleh Hanz Jimenez Salim pada 28 Okt 2021, 09:00 WIB
Diperbarui 28 Okt 2021, 09:00 WIB
Gambar Tangkapan Layar Foto Kucing yang Diklaim Berusia 30 Tahun (sumber: Facebook).
Perbesar
Gambar Tangkapan Layar Foto Kucing yang Diklaim Berusia 30 Tahun (sumber: Facebook).

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah foto yang diklaim kucing berusia 30 tahun beredar di media sosial. Foto tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 7 Oktober 2021 lalu.

Kucing dalam foto tersebut terlihat memiliki kulit keriput. Matanya layu dan wajahnya tampak menua. Kucing dalam foto tersebut diklaim berusia 30 tahun.

"30 tahun dah umur kucing ni, bersamaan 90 tahun umur manusia, kategori moyang dah ni gais 😧😧😧," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 157 kali direspons dan mendapat 5 komentar warganet.

Benarkah kucing dalam foto tersebut berusia 30 tahun? Berikut penelusurannya.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Penelusuran Fakta

Gambar Tangkapan Layar Penelusuran Foto Menggunakan Situs Yandex.
Perbesar
Gambar Tangkapan Layar Penelusuran Foto Menggunakan Situs Yandex.

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri foto yang diklaim kucing berusia 30 tahun. Penelusuran dilakukan dengan mengunggah foto tersebut ke situs Yandex.

Hasilnya terdapat beberapa artikel yang memuat foto identik. Satu di antaranya artikel berjudul "Cat With Rare Condition Is So Excited When Someone Adopts Him And His Best Friend" yang dimuat situs goodfullness.com.

Gambar Tangkapan Layar Artikel dari Situs goodfullness.com.

Artikel tersebut juga menjelaskan mengenai kondisi kucing yang wajahnya tampak menua dan kulit berkeriput.

Kucing tersebut diketahui bernama Toby. Dia diadobsi oleh Georgina Price dan pasangannya Christopher Lardner asal Stroud asal Gloucestershire, Inggris.

Toby didiagnosis menderita asthenia kulit kucing. Kondisi ini menyebabkan kulit kucing mengalami kerapuhan dan mudah rusak. Ketika penyakit ini ditemukan pada manusia, itu dikenal sebagai sindrom Ehlers-Danlos.

"Itu berarti tubuhnya tidak memproduksi kolagen dengan baik," kata Price kepada LoveMeow.

Liputan6.com juga menemukan artikel yang menjelaskan mengenai rata-rata usia kucing. Adalah artikel berjudul "Berapa Lama Kucing Hidup? Inilah Fakta Umur Rata-rata Si Meong" yang dimuat situs kompas.com pada 12 April 2021.

JAKARTA, KOMPAS.com — Untuk kamu yang berencana atau yang sudah memiliki kucing sebagai hewan peliharaan, penting untuk mengetahui berapa usia rata-rata kucing hidup di dunia.

Dengan mengetahuinya, kamu akan mengerti bagaimana harus merawat kucing saat ia sudah memasuki masa tuanya. Jadi, berapa lama kucing hidup? Berapa umur rata-rata seekor kucing?

Dilansir dari Catster, Senin (12/4/2021), lama usia hidup kucing dipengaruhi oleh beberpaa faktor seperti, lingkungan, pemeliharaan, kesehatan, dan apakah kucing itu disteril atau dikebiri. Semua faktor ini penting saat memikirkan harapan hidup kucing.

Sterilisasi bisa menjadi faktor penting. Memandulkan dan mensterilkan menghilangkan risiko penyakit yang dapat memengaruhi sistem reproduksi kucing di usia tua.

Dengan akses ke kemajuan medis dan pola makan saat ini, kucing ideal bisa hidup hingga 20 tahun kucing atau lebih.

Berdasarkan survei terhadap 10 situs ternama yang membahas rata-rata kucing domestik, jumlahnya semakin tidak konsisten, berkisar antara 10 hingga 20 tahun. Umur kucing domestik rata-rata mencapai 15,1 tahun.

Ras kucing tentunya merupakan faktor lain yang memengaruhi usia kucing. Penelitian menunjukkan bahwa kucing ras campuran, secara umum, lebih keras dan hidup lebih lama daripada kucing ras.

Bagaimana jika mereka kucing rumahan?

Semua penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa kucing dalam ruangan hidup hampir hidup tiga kali lebih lama dari kucing luar ruangan.

Berapa lama kucing hidup jika mereka kucing rumahan? Kucing dalam ruangan biasanya disterilkan, divaksinasi, dan dihilangkan dari tekanan, risiko, dan bahaya dunia luar. Mereka diberi makan secara teratur dan memiliki akses mudah ke air yang segar dan bersih.

Mereka membutuhkan lebih banyak perhatian, lebih banyak diajak bermain, dan harus didorong untuk melakukan olahraga yang cukup untuk menghindari obesitas.

Untuk kucing rumahan dengan pemilik yang sangat memperhatikannya, ia bisa hidup antara 14 hingga 20 tahun. Berdasarkan angka yang dicatat, rata-rata umur kucing dalam ruangan adalah 16,875 tahun.

Berapa lama kucing hidup jika mereka kucing luar ruangan?

Sejumlah tantangan cenderung membatasi umur kucing rata-rata kucing luar ruangan. Tentu saja, di luar memiliki arti yang berbeda bergantung pada tempat tinggal kucing dan kapan kita menjawab “Berapa lama kucing hidup?”

Apakah kamu tinggal di daerah perkotaan, pinggiran kota, pedesaan atau terpencil? Berapa banyak tetangga yang memiliki kucing luar ruangan?

Apakah kamu tinggal di tempat dengan banyak satwa liar predator? Apakah ada hewan liar atau tersesat di dekat rumah?

Apakah cuaca memungkinkan sepanjang tahun untuk gaya hidup luar ruangan? Seberapa dekat rumah tinggal dengan jalan raya dan jalan raya?

Ini semua adalah faktor yang memengaruhi, karena kucing yang hidup diluar akan memungkinkan mereka terpapar adap kutu, serta parasit dan penyakit lainnya.

Di luar ruangan, kucing juga bisa terlibat perkelahian dan cakaran kucing dengan kucing lain.

Di sisi lain, kucing yang tinggal di luar runagan juga memiliki kebebasan untuk menjelajah, menandai tempat bertengger favorit, dan berolahraga secara alami.

Kucing tertua

Guinness Book of World Records mencantumkan usia kucing tertua yang pernah tercatat dicapai oleh Creme Puff, seekor kucing yang meninggal di Austin, Texas, pada usia 38 tahun dan tiga hari, usia yang benar-benar emas, namun hal ini hampir tidak dapat dipahami.

Usia kucing tertua yang masih hidup "saat ini" jauh lebih bervariasi karena informasi tersebut bisa saja kedaluwarsa pada saat tertentu.

Meninjau informasi selama beberapa tahun terakhir, rata-rata kucing tertua "saat ini" memiliki rentang usia antara 23 hingga 36 tahun.

Dalam dekade terakhir, rata-rata kucing tertua yang masih hidup adalah 29,857 tahun. Siapa pemegang rekor saat ini? Kamu bisa memeriksanya di situs Guinness.

 

Referensi:

https://www.kompas.com/homey/read/2021/04/12/143600276/berapa-lama-kucing-hidup-inilah-fakta-umur-rata-rata-si-meong?page=all

https://goodfullness.com/cat-with-rare-condition-is-so-excited-when-someone-adopts-him-and-his-best-friend/

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Kesimpulan

Foto yang diklaim kucing berusia 30 tahun ternyata tidak benar. Faktanya, kucing dalam foto tersebut menderita asthenia kulit kucing. Kondisi ini menyebabkan kulit kucing mengalami kerapuhan dan mudah rusak. Karena itu, wajah si kucing tampak menua dan kulitnya berkeriput.

Banner Cek Fakta: Salah
Perbesar
Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)
Scroll down untuk melanjutkan membaca

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya