Sukses

Simak Kumpulan Hoaks Penampakan Rupiah Pecahan Baru

Simak kumpulan hoaks uang Rupiah pecahan baru

Liputan6.com, Jakarta- Hoaks tentang uang Rupiah pecahan baru terus beredar di media sosial, keberadaan informasi palsu ini tentu dapat mengecoh pihak yang mudah percaya tanpa memastikan kebenarannya terlebih dahulu.

Cek Fakta Liputan6.com telah menelusuri informasi seputar uang Rupiah pecahan baru, hasilnya sebagian informasi tersebut terbukti hoaks.

Simak kumpulan hoaks uang Rupiah pecahan baru, hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com:

1. BI Keluarkan Uang Logam Baru Pecahan Rp 100 Ribu pada 2021

Gambar Tangkapan Layar Kabar Hoaks BI Keluarkan Uang Logam Baru Pecahan Rp 100 Ribu (sumber: Facebook).

Kabar tentang Bank Indonesia (BI) akan mengeluarkan uang logam baru pecahan Rp 100 ribu beredar di media sosial. Kabar tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 24 September 2021.

Akun Facebook tersebut mengunggah gambar uang logam bertuliskan "SERATUS RIBU RUPIAH". Terdapat juga tulisan 2021 dan 2030 dan "BANK INDONESIA" dalam gambar tersebut.

 "Mata Uang Baru yg di keluarkan oleh BI.....Seratus Ribu Rupiah"

"Mata uang receh baru kawan seratus ribu besuk kluar bi," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 3 kali direspons dan mendapat 9 komentar warganet.

Benarkah gambar tersebut merupakan uang logam baru pecahan Rp 100 ribu yang akan dikeluarkan Bank Indonesia? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com berikut ini.

 

2. RI Pecahan Rp 100 dengan Wajah Presiden Jokowi

 

Klaim Uang Baru RI Senilai Rp 100 dengan Wajah Presiden Jokowi. (Facebook)

Pada 7 Februari 2021, pemilik akun Ridwan Aman membagikan video yang berasal dari Tiktok dengan klaim uang baru keluaran Bank Indonesia dengan wajah Presiden Joko Widodo atau yang akrab disapa Jokowi .

Uang dengan wajah Jokowi ini senilai Rp 100. Uang kertas itu berwarna merah. Disebutkan kalau itu merupakan uang versi redonomisasi.

Sebagai keterangan untuk narasi di Facebook, Penggemar KOIN Semata menuliskan sebagai berikut:

"#ViralNEWS - Video : Tampilan Uang Kertas Indonesia Versi Redonomisasi Pecahan 100 Bergambar Presiden Jokowi. Bagaimana Menurut Kalian ?"

Lalu, benarkah wajah Presiden Jokowi terpampang di uang baru keluaran Bank Indonesia? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com berikut ini.

 

3.  Bank Indonesia Keluarkan Uang Baru Nominal 1.0

 

 

Cek Fakta Bank Indonesia keluarkan uang dengan nominal baru.

Beredar di media sosial postingan video terkait klaim uang baru dari Bank Indonesia dengan nominal 1.0. Video itu ramai dibagikan sejak akhir pekan lalu.

Video viral itu pertamakali diunggah di Tiktok kemudian banyak dibagikan di media sosial lain. Salah satunya adalah akun bernama @3menitvideo.

Akun tersebut mengunggahnya di Facebook pada 9 Mei 2021. Di dalam video berdurasi 14 detik itu terdapat narasi "ngasih THR pakai uang pecahan ini lucu kali ya? Hayoo udh ada yang punya belom?"

Lalu benarkah Bank Indonesia mengeluarkan mata uang dengan nominal 1.0? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com berikut ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.