Sukses

Cek Fakta: Hoaks Kabar Lesti Kejora Dilantik Jadi Bupati Cianjur pada 6 Oktober 2021

Beredar kabar hoaks Lesti Kejora dilantik jadi Bupati Cianjur.

Liputan6.com, Jakarta - Kabar tentang penyanyi dangdut Lesti Kejora dilantik jadi Bupati Cianjur beredar di media sosial. Kabar tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 6 Oktober 2021.

Akun Facebook tersebut mengunggah video berisi klaim bahwa Lesti Kejora yang tengah hamil tua telah dilantik sebagai Bupati Cianjur.

"KEADAAN HAMIL TUA !! LESTI DILANTIK JADI BUPATI CIANJUR !!" tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 2,2 juta kali ditonton dan mendapat 3.300 komentar warganet.

Benarkah Lesti Kejora dilantik jadi Bupati Cianjur pada 6 Oktober 2021? Berikut penelusurannya.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri kabar Lesti Kejora dilantik jadi Bupati Cianjur pada 6 Oktober 2021. Penelusuran dilakukan dengan memasukkan kata kunci "lesti kejora dilantik jadi bupati cianjur" di kolom pencarian Google Search.

Hasilnya tidak ada artikel dari media arus utama yang memuat kabar tersebut. Penelusuran kemudian dilanjutkan dengan memasukkan kata kunci "bupati cianjur" di kolom pencarian Google Search.

Hasilnya terdapat beberapa artikel yang menjelaskan mengenai Bupati Cianjur dan Wakil Bupati Cianjur periode 2021-2025. Satu di antaranya artikel berjudul "RESMI, Herman Suherman-Tb Mulyana Syahrudin Dilantik Jadi Bupati dan Wakil Bupati Cianjur" yang dimuat situs jabar.tribunnews.com pada 18 Mei 2021.

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - H Herman Suherman dan Tb Mulyana Syahrudin diambil sumpah jabatannya dan resmi dilantik sebagai Bupati Cianjur dan Wakil Bupati Cianjur hasil Pilbup Cianjur 2020 di Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (18/5/2021).

Pelantikan jabatan di pagi hari, pukul 07.00 WIB, ini hanya dihadiri Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Jawa Barat, perwakilan DPR RI, dan keluarga bupati serta wakil bupati yang dilantik, untuk menjaga protokol kesehatan.

Pelantikan jabatan dan pengambilan sumpah ini dilakukan langsung oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan dihadiri oleh Forkopimda dan jajaran Pemerintah Kabupaten Cianjur melalui siaran virtual.

"Saya percaya bahwa Saudara-saudara akan melakukan tugas dengan sebaik-baiknya sesuai tanggung jawab yang diberikan," kata Gubernur dalam pelantikannya.

Sebelumnya diberitakan, Herman mengatakan ia berharap bersama Wakil Bupati Cianjur bisa meneruskan kepemimpinan dan pembangunan di Kabupaten Cianjur selama lima tahun ke depan.

"Persiapannya biasa saja, saya hanya membawa keluarga dan pakaian," katanya.

Herman mengatakan kepada semua warga dan OPD di Pemerintah Kabupaten Cianjur mengikuti kegiatan pelantikan secara virtual melalui siaran virtual.

"Karena situasinya masih pandemi Covid-19 maka saya memohon maklum kepada semua warga Cianjur," katanya.

Herman Suherman sempat menjabat sebagai Plt Bupati Cianjur selama tiga tahun. Sebelum menjadi wakil bupati, ia merupakan birokrat dan sempat menjabat sebagai Direktur PDAM Tirtamukti.

Pasangannya, Tb Mulyana Syahrudin, adalah politikus Partai Golkar. Sebelum menjadi Ketua DPD Partai Golkar Cianjur ia berbasis sebagai pengusaha dan kontraktor.

Pasangan ini diusung oleh koalisi Partai Golkar, PDI Perjuangan, Partai Nasdem, PAN, dan PPP. Pasangan ini menang merata di 32 kecamatan di Kabupaten Cianjur.

 

Referensi:

https://jabar.tribunnews.com/2021/05/18/resmi-herman-suherman-tb-mulyana-syahrudin-dilantik-jadi-bupati-dan-wakil-bupati-cianjur?page=1

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Kabar tentang Lesti Kejora dilantik jadi Bupati Cianjur pada 6 Oktober 2021 ternyata tidak benar. Faktanya, tidak ada informasi valid mengenai kabar tersebut.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.