Media Sosial Berperan Penting Mengedukasi Masyarakat tentang Covid-19

Oleh Hanz Jimenez Salim pada 16 Okt 2021, 11:00 WIB
Diperbarui 16 Okt 2021, 11:00 WIB
Ilustrasi Covid-19, virus corona
Perbesar
Ilustrasi Covid-19, virus corona. Kredit: Miroslava Chrienova via Pixabay

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi virus corona Covid-19 membuat informasi di media sosial melonjak, terlebih lagi hoaks. Hal ini menjadi salah satu topik yang diangkat dalam Virtual Class Liputan6.com yang bertema "Target Vaksin dan Herd immunity, Mampukah Kita Cegah Gelombang Ketiga" yang digelar pada Jumat (15/10/2021).

Menurut praktisi media sosial, Iwan Setyawan, Indonesia merupakan negara yang cukup cepat dalam mengatasi gelombang informasi.

Irwan mengatakan, media sosial sebenarnya cukup efektif dalam mengedukasi tentang Covid-19 dan cara mencegahnya.

"Sangat efektif dan powerful media sosial dalam mengedukasi dan sosialisasi ke masyarakat terkait Covid-19 ini,” ujar Iwan, Jumat (15/10/2021).

Namun, masih banyak pengguna internet yang tidak memanfaatkan edukasi tentang Covid-19 dari media sosial. Mereka justru lebih mempercayai berita palsu dan hoaks. 

Irwan juga mengimbau, masyarakat agar lebih meningkatkan sikap kritisnya dalam melihat informasi yang beredar di media sosial.

"Hidup di media sosial itu harus penuh dengan keraguan agar waspada terhadap hoaks, dari pada langsung percaya begitu saja dan ambilah informasi dari beberapa media," ucap Iwan.

 

Penulis: Geiska Vatikan Isdy

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya