Sukses

Deretan Foto Hoaks Sepekan: Darah Kental Akibat Vaksin Covid-19 hingga Foto Tukul Arwana Meninggal Dunia

Beberapa foto hoaks telah ditelusuri Cek Fakta Liputan6.com selama sepekan. Berikut rangkumannya.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah kabar hoaks masih beredar di media sosial selama sepekan terakhir. Beberapa di antaranya menyebar dalam bentuk foto.

Salah satunya foto yang diklaim darah seseorang menjadi kental karena sudah divaksin Covid-19. Foto tersebut disebarkan lewat pesan berantai di aplikasi WhatsApp pada 7 Oktober 2021 lalu.

Dalam pesan tersebut menampilkan foto dua kantong darah. Kantong pertama tertulis sebagai darah yang belum divaksin dan kantong kedua diklaim darah yang sudah divaksin.

"Mohon ma'af sebelumnya, Saya hanya sampaikan ala adanya bukan menakut nakin... Dampak nya vaksin akan menjadi kental "DARAH" menyebabkan mudah datang penyakit dan perpendek masa umur," demikian narasi dalam pesan tersebut.

Namun setelah ditelusuri, foto yang diklaim darah seseorang menjadi kental karena vaksin Covid-19 ternyata tidak benar.

Selain foto yang diklaim darah seseorang menjadi kental karena vaksin Covid-19, terdapat beberapa foto hoaks lainnya yang telah ditelusuri selama sepekan. Berikut rangkumannya.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Foto yang Diklaim Eko Patrio Meninggal Dunia Akibat Kecelakaan Maut

Kabar tentang artis Eko Patrio meninggal dunia akibat kecelakaan maut beredar di media sosial. Kabar tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 1 September 2021.

Akun Facebook tersebut mengunggah artikel berjudul "Innalillahi Wainnalillahi Rajiun! Kabar Duka Eko Patrio Meninggal Dunia, Akibat Kecelakaan Maut" yang dimuat situs insegnia.xyz.

Dalam artikel tersebut terdapat foto suasana pemakaman jenazah di tempat pemakaman umum (TPU). Sejumlah orang terlihat tengah bersiap memasukkan jenazah ke dalam liang lahat. Foto tersebut kemudian dikaitkan dengan kabar meninggalnya Eko Patrio akibat kecelakaan maut.

Setelah ditelusuri, kabar tentang artis Eko Patrio meninggal dunia akibat kecelakaan maut ternyata tidak benar alias hoaks. Faktanya, tidak ada informasi valid mengenai meninggalnya artis Eko Patrio akibat kecelakaan maut.

Baca selengkapnya di tautan berikut ini.

3 dari 4 halaman

Foto yang Diklaim Tukul Arwana Meninggal Dunia pada 6 Oktober 2021

Beredar informasi kabar artis Tukul Arwana meninggal dunia. Hal ini dibagikan oleh salah satu akun Facebook pada 6 Oktober 2021.

Akun tersebut mengunggah sebuah artikel berjudul "InnaIiIahi WainnaiIIaihirojiun Berita Duka, SeIamat JaIan Untuk SeIamanya Kabar Duka datang dari Tukul Arwana, Dokter sudah Berusaha namun Tuhanlah yang Menentukan".

Artikel tersebut menampilkan foto suasana pemakaman jenazah di tempat makam umum (TPU). Foto tersebut dikaitkan dengan kabar meninggalnya Tukul Arwana.

Unggahan ini telah mendapatkan 34 komentar, 247 disukai, dan dibagikan 5 kali oleh warganet.

Setelah ditelusuri, kabar Tukul Arwana meninggal dunia pada 6 Oktober 2021 ternyata hoaks. Tidak ada informasi valid mengenai kabar tersebut. Pihak keluarga dan manajer Tukul Arwana membantah kabar tersebut.

Baca selengkapnya di tautan berikut ini.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.