Sukses

Cek Fakta: Hoaks Akun Instagram Rekrutmen Karyawan Hutama Karya

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri akun Instagram rekrutmen karyawan Hutama Karya

Liputan6.com, Jakarta- Muncul akun Instagram rekrutmen karyawan PT Hutama Karya @recruitment.hutamakarya, informasi yang dimuat akun tersebut seputar lowongan kerja pada perusahaan BUMN Karya tersebut.

Selain lowongan kerja, akun tersebut juga memuat informasi aksi korporasi seperti proyek jalan tol dan kegiatan kewajiban sosial.

Benarkah akun Instagram rekrutmen karyawan PT Hutama Karya @recruitment.hutamakarya? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri akun Instagram rekrutmen karyawan Hutama Karya, dari keterangan tertulis Hutama Karya menyatakan, Hutama Karya menginformasikan bahwa akun instagram @recruitment.hutamakarya merupakanakun palsu yang tidak dapat dipertanggung jawabkan dan bukan merupakan akun media sosial resmiyang dikelola oleh perusahaan. 

Dalam artikel berjudul "Waspada Akun Instagram Palsu Lowongan Kerja Hutama Karya" yang dimuat Liputan6.com, EVP of Corporate SecretaryPT Hutama Karya (Persero)Tjahjo Purnomo mengatakan, akun instagram @recruitment.hutamakarya merupakan akun palsu lowongan kerja tidak dapat dipertanggung jawabkan, bukan merupakan akun media sosial resmi yang dikelola oleh perusahaan.

"Melalui klarifikasi ini, PT Hutama Karya (Persero) bermaksud untuk memberikan penjelasan terkait dengan informasi yang tidak benar dan menghimbau untuk berhati-hati dalam menerima informasi terkait dengan proses rekrutmen perusahaan," kata Tjahjo, di Jakarta, Jumat (24/9/2021).

Seluruh proses rekrutmen tersebut hanya dilakukan melalui website rekrutmen.hutamakarya.comdan akun media sosial resmi Hutama Karya yakni di @hutamakarya.

"Di luar akun resmi tersebut dapat dipastikan adalah fake atau palsu," tuturnya.

PT Hutama Karya (Persero) memastikan tidak pernah memungut biaya dalam proses rekrutmen tersebut dan tidak bertanggung jawab atas semua proses yang terjadi diluar dari ketentuan yang telah dicantumkan.

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, akun Instagram rekrutmen karyawan Hutama Karya @recruitment.hutamakarya tidak benar.

Hutama Karya menginformasikan bahwa akun instagram @recruitment.hutamakarya merupakanakun palsu yang tidak dapat dipertanggung jawabkan dan bukan merupakan akun media sosial resmiyang dikelola oleh perusahaan.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.