Sukses

Cek Fakta: Hoaks Kabar Tukul Arwana Meninggal Dunia pada 6 Oktober 2021

Beredar kabar hoaks artis Tukul Arwana meninggal dunia pada 6 Oktober 2021.

Liputan6.com, Jakarta - Beredar informasi kabar artis Tukul Arwana meninggal dunia. Hal ini dibagikan oleh salah satu akun Facebook pada 6 Oktober 2021.

Akun tersebut mengunggah sebuah artikel berjudul "InnaIiIahi WainnaiIIaihirojiun Berita Duka, SeIamat JaIan Untuk SeIamanya Kabar Duka datang dari Tukul Arwana, Dokter sudah Berusaha namun Tuhanlah yang Menentukan".

Artikel tersebut menampilkan foto suasana pemakaman jenazah di tempat makam umum (TPU). Foto tersebut dikaitkan dengan kabar meninggalnya Tukul Arwana.

Unggahan ini telah mendapatkan 34 komentar, 247 disukai, dan dibagikan 5 kali oleh warganet.

Benarkah kabar Tukul Arwana meninggal dunia? Simak penelusurannya.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek fakta Liputan6.com telah menelusuri foto tersebut menggunakan Yandex Images, kemudian menemukan artikel dengan judul "Jenazah Istri Tukul Datang Lebih Cepat, Makam Belum Siap" yang dirilis oleh suara.com pada 24 Agustus 2016 lalu.

Berikut gambar tangkapan layarnya:

Gambar Tangkapan Layar Artikel dari Situs suara.com.

Kabar Tukul Arwana meninggal dunia sempat viral beberapa waktu lalu. Namun, informasi tersebut dibantah oleh pihak keluarga dan manajer Tukul.

Informasi tersebut dikutip dari artikel berjudul "Tukul Arwana Dikabarkan Meninggal Dunia, Manajer Angkat Bicara" yang dimuat situs Liputan6.com pada 26 September 2021.

Liputan6.com, Jakarta - Tukul Arwana saat ini tengah mendapatkan perawatan intensif di Rumah Sakit Pusat Otak Nasional. Sebelumnya ia menjalani operasi akibat perdarahan otak pada Rabu (22/9/2021).

Namun di tengah proses penyembuhannya, Tukul Arwana dikabarkan meninggal dunia dan sempat ramai dibicarakan di media sosial.

Terkait kabar tersebut, Rizki Kimon manajer Tukul Arwana angkat suara. Isu bahwa pemilik nama asli Tukul Riyanto meninggal tidaklah benar.

"Jadi, saya mau klarifikasi berita yang Mas Tukul, maaf ya, meninggal dunia itu benar-benar hoaks," ujar Rizki Kimon di Rumah Sakit Pusat Otak Nasional (RS PON), Cawang, Jakarta Timur, Sabtu (25/9/2021).

Dijelaskan Rizki Kimon, saat ini Tukul Arwana sedang dalam proses penyembuhan. Bahkan kondisinya kini jauh lebih baik dari sebelumnya.

"Alhamdulillah sudah berangsur membaik," kata Rizky Kimon.

Meski tidak bisa menjelasakan secara medis, tapi Rizki Kimon menyebut Tukul Arwana sedang membutuhkan perawatan intensif terkait penyakitnya.

"Beliau masih harus istirahat secara intens,"katanya.

Diketahui Tukul Arwana mengalami perdarahan otak pada Rabu (22/9/2021). Sebelumnya Tukul Arwana sempat mengeluhkan sakit kepala dan sekujur tubuhnya lemas. Setelah dibawa ke rumah sakit akhirnya diketahui ia mengalami perdarahan otak.

Awalnya Tukul dibawa ke Rumah Sakit Brawijaya, namun akhirnya dirujuk ke Rumah Sakit Pusat Otak Nasional untuk mendapatkan perawatan terbaik dan akhirnya dilakukan tindakan operasi.

Setelah menjalani perawatan beberapa hari di RS, kondisi mantan pembawa acara Bukan Empat Mata ini terus membaik. Informasi ini dikutip dari artikel "Tukul Arwana Sudah Bisa Berkomunikasi Meski Hanya Lewat Isyarat" yang dimuat situs Liputan6.com pada 3 Oktober 2021.

Liputan6.com, Jakarta - Kondisi komedian sekaligus presenter Tukul Arwana sudah mulai membaik. Sebelumnya, Tukul sempat mengejutkan publik setelah dilarikan ke rumah sakit karena alami pendarahan di otak.

Setelah menjalani perawatan selama 10 hari berada di rumah sakit, pria 57 tahun itu sudah dipindah ke ruang perawatan. Setelah menjalani operasi, kondisi Tukul sudah mulai membaik.

Meski belum pulih sepenuhnya, Tukul Arwana sudah bisa merespons lawan bicaranya walaupun hanya menggunakan gerakan tubuhnya.

"Komunikasi sudah kayak misalkan dokter atau perawat datang, 'Mas bagaimana?' Dia begini (isyaratkan oke dengan jempol) maksudnya aman," ungkap manajer Tukul, Rizki Kimon saat ditemui di Rumah Sakit Pusat Otak Nasional (RS PON), Cawang, Jakarta Timur, Jumat (1/10/2021).

Rizki menyebut bahwa Tukul memang masih belum bisa diajak berbincang. Akan tetapi mantan pembawa acara Bukan Empat Mata tersebut sudah mulai bisa menggumam.

“Untuk berbicara memang dibutuhkan waktu tetapi dia bisa bergumam, bisa mungkin ya lebih berguman sih," ucapnya.

Saat ini, Tukul Arwana pun juga sudah berada di ruang inap seiring kondisi kesehatannya yang membaik. Pembawa acara program tv One Man Show itu dipindahkan dari ruang ICU ke rawat inap pada Kamis (30/9) malam, meski begitu Tukul Arwana belum diperbolehkan dijenguk selain anggota keluarga.

"Saran dari dokter walaupun sudah pindah di ruang VVIP hanya saja belum boleh dijenguk karena beliau tetap harus istirahat secara intens sebagai penunjang pemulihan beliau supaya lebih cepat (sembuh)," pungkasnya.

 

 

Referensi:

https://www.liputan6.com/showbiz/read/4674029/tukul-arwana-sudah-bisa-berkomunikasi-meski-hanya-lewat-isyarat

https://www.suara.com/entertainment/2016/08/24/095552/jenazah-istri-tukul-datang-lebih-cepat-makam-belum-siap

https://www.liputan6.com/showbiz/read/4668315/tukul-arwana-dikabarkan-meninggal-dunia-manajer-angkat-bicara

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Kabar Tukul Arwana meninggal dunia pada 6 Oktober 2021 ternyata hoaks. Tidak ada informasi valid mengenai kabar tersebut. Pihak keluarga dan manajer Tukul Arwana membantah kabar tersebut.

 

Penulis: Geiska Vatikan Isdy

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini