Sukses

Pesan Berantai Hoaks Sepekan: Pertamina Bagikan Bansos Rp 150 Juta hingga Kuota 50 GB dari WhatsApp

Beberapa kabar hoaks melalui pesan berantai masih bermunculan. Berikut rangkumannya.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah kabar hoaks masih beredar di media sosial selama sepekan terakhir. Beberapa di antaranya menyebar dalam bentuk pesan berantai.

Satu di antaranya informasi Pertamina bagikan cek dana bansos sebesar Rp 150 juta. Informasi tersebut beredar lewat pesan berantai di aplikasi percakapan WhatsApp.

Informasi Pertamina bagikan cek dana bansos sebesar Rp 150 juta mencantumkan tautan yang menggiring penerima pesan untuk membukannya.

Berikut informasi Pertamina bagikan cek dana bansos sebesar Rp 150 juta:

Ass…

Selamat Anda M-dapatkan

Dana Bantuan Bansos

Dari My pertamina pusat

Bantuan Cek 150jt

PIN(da25e77)

Verifikasi Kode:

www.danabansosper-tamina.cf

Namun setelah ditelusuri, informasi Pertamina bagikan cek dana bansos sebesar Rp 150 miliar tidak benar. Informasi hadiah, undian maupun yang mengatasnamakan Pertamina baik yang disampaikan melalui WhatsApp, SMS maupun email itu tidak benar.

Selain informasi Pertamina bagikan cek dana bansos sebesar Rp 150 miliar, terdapat pesan berantai hoaks lainnya yang telah ditelusuri. Berikut rangkumannya.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

BRI Bagikan Rp 5 Juta Rayakan Ultah ke-120

Beredar di media sosial dan aplikasi percakapan pesan berantai yang mengklaim Bank BRI membagikan uang sebesar Rp 5 juta karena sedang merayakan ulang tahun ke-120. Pesan berantai itu ramai dibagikan sejak awal pekan kemarin.

Dalam pesan berantai yang beredar juga disertai dengan link menuju website tertentu. Berikut isi pesan berantai itu selengkapnya:

"Ulang Tahun Bank Rakyat Indonesia ke 120!

Melalui kuesioner, Anda akan memiliki kesempatan untuk mendapatkan Rp5000.000👇https://jvipfq.xyz/i/brid/?g=1

tenggat waktu:2021-11-3"

Setelah ditelusuri, pesan berantai yang mengklaim Bank BRI membagikan uang sebesar Rp 5 juta karena sedang merayakan ulang tahun ke-120 adalah hoaks.

Baca selengkapnya di tautan berikut ini.

3 dari 4 halaman

WhatsApp Bagikan Kuota 50 GB

Beredar melalui aplikasi percakapan dan media sosial pesan berantai terkait Whatsapp yang membagikan kuota internet sebesar 50 Gb dalam rangka ulang tahun. Pesan berantai itu tersebar sejak pekan lalu.

Berikut isi pesan berantai itu selengkapnya:

"Coba lihat ini, 50GB (Semua Jaringan) berlaku selama 90 hari dalam Perayaan Ulang Tahun WhatsApp.

Saya Telah Menerima Milik Saya. Cepat sebelum Habis

br5201310.xyz/50gb/tb.php?t=1633345662"

Setelah ditelusuri, pesan berantai yang mengklaim Whatsapp membagikan kuota internet sebesar 50 Gb dalam rangka ulang tahun adalah hoaks.

Baca selengkapnya di tautan berikut ini.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.