Hoaks Seputar Gangguan Jaringan Internet, dari Foto Perbaikan sampai Digigit Hiu

Oleh Pebrianto Eko Wicaksono pada 26 Sep 2021, 13:00 WIB
Diperbarui 26 Sep 2021, 13:00 WIB
Potret Pekerja Pengecekan Jaringan Internet
Perbesar
Teknisi melakukan pengecekan audit data jaringan 3G dan 4G pada tiang monopol di Jalan Diponegoro, Jakarta, Sabtu (24/8/2019). Selama ini, fasilitas internet yang disediakan pemerintah masih didominasi sinyal 3G. (merdeka.com/Imam Buhori)

Liputan6.com, Jakarta Gangguan jaringan internet yang terjadi pada sepekan ini menimbulkan beragam reaksi penggunanya, kondisi ini pun diperkeruh dengan munculnya hoaks yang memicu keresahan.

Cek Fakta Liputan6.com telah menelusuri sejumlah informasi seputar gangguan jaringan internet, hasilnya sebagian informasi tersebut terbukti hoaks.

Simak hoaks seputar gangguan jaringan internet:

1. Foto Dikaitkan dengan Gangguan Bawah Kabel Internet IndiHome

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto gangguan kabel internet bawah laut IndiHome

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim foto gangguan kabel internet bawah laut IndiHome. Foto tersebut diunggah salah satu pengguna Facebook, pada 21 September 2021.

Klaim foto yang dikaitkan dengan gangguan kabel internet  bawah laut IndiHome menampilkan empat foto, dua foto menampilkan peselam dan dua foto menampilkan benda hitam berbentuk panjang.

Foto tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Gangguan internet INDIHOME dan TELKOMSEL sudah di ketahui karena adanya gangguan di kabel JASUKA yg memiliki panjang sekitar 10.860 KM. Gangguan ini terjadi di perairan laut batam dan telah terindifikasi dari titik 1.5 km lepas pantai batam dengan kedalaman 20 meter di bawah permukaan laut dan meliputi beberapa wilayah yg ada di indonesia diantaranya:1.jawa timur2.bali3.nusa tenggara4.sulewesi5.kalimantan dan6.papua.Bersabar lagi perbaikan!!!".

Benarkah klaim foto gangguan kabel internet bawah laut IndiHome? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com di sini.

 

2.  Foto Hiu Makan Kabel Akibatkan Jaringan Internet Telkom Rusak

Cek Fakta hiu memakan kabel jaringan Internet Telkom.

Beredar di media sosial dan aplikasi percakapan postingan yang menyebut rusaknya jaringan internet milik Telkom karena dimakan hiu. Postingan tersebut ramai dibagikan sejak tengah pekan ini.

Salah satu akun yang mengunggahnya ada di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 21 September 2021.

Dalam postingannya terdapat gambar hiu yang sedang memakan kabel di dasar laut. Postingan itu disertai narasi "Kabel penghubung e di caplok hiu dek laut mohon sabar pengguna Indihome dan Telkomsel"

Selain itu akun tersebut juga menambahkan tulisan, "Wkwkkw kukira lalod karena lambatka bayar tagihan wifiku, ternyata ini toh penyebabnya, dasar hiu ga ada akhlak"

Lalu benarkah postingan yang menyebut rusaknya jaringan internet milik Telkom karena dimakan hiu? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com disini.

 

3.  Layanan Internet Mati Total pada 24 hingga 30 September 2021

Informasi tentang layanan internet akan mati total pada 24 hingga 30 September 2021 karena perbaikan jaringan bawah laut beredar di media sosial. Kabar tersebut disebarkan oleh salah satu akun Facebook pada 21 september 2021.

Akun Facebook tersebut mengunggah gambar berisi narasi sebagai berikut:

"Mulai tanggal 24-30 september jaringan internet bakal mati total..karna ada perbaikan jaringan bawah laut sdalam 20 menter...jadi dgn kaget selama 6 hari gak ada sinyal"

Konten yang yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 1.100 kali dibagikan dan mendapat 37 komentar warganet.

Benarkah layanan internet akan mati total pada 24 hingga 30 September 2021 karena perbaikan jaringan bawah laut? Berikut penelusurannya.

 

 

4.  Foto Perbaikan Kabel Internet Bawah Laut IndiHome

 

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto perbaikan kabel internet bawah laut IndiHome

Cek Fakta Liputan6.com mendapati foto yang diklaim sebagai perbaikan kabel internet bawah laut IndiHome. Foto tersebut beredar lewat aplikasi percakapan WhatsApp.

Foto yang diklaim sebagai perbaikan kabel internet bawah laut IndiHome tersebut menampilkan  rangkaian foto seorang penyelam yang membawa benda panjang berwarna hitam dan kuning.

 Pada foto pertama seorang menngenakan alat selam dengan posisi terlungkup di dekat benda berwarna hitam kuning panjang, foto ke dua seorang yang mengenakan alat selam dengan posisi berdiri terlihat seperti sedang melangkah.

Dalam foto tersebut terdapat tulisan "Mari sama-sama kita berdoa untuk kelancaran perbaikan kabel fo laut semoga team terus diberikan perlindung oleh Allah SWT"

Kemudian foto tersebut dinarasikan sebagai berikut:

"Foto perbaikan jaringan indihome di laut"

Benarkah klaim foto perbaikan kabel internet bawah laut IndiHome? simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com berikut.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya